Cara Menambah Akun Cabang
Fitur Cabang dapat membantu Anda memantau transaksi di toko cabang yang Anda miliki.
Untuk menggunakannya, Anda perlu menambahkan akun baru untuk setiap cabang.
Fitur ini tersedia di website/back office Kasir Pintar dan hanya dapat digunakan oleh pengguna Premium (Pro). Jika Anda membutuhkan fitur yang lebih lengkap, Anda bisa berlangganan Plugin Bisnis.
Terdapat 2 opsi untuk menambahkan akun cabang, pilih yang sesuai dengan kondisi toko cabang Anda:
- Belum Punya Akun : Gunakan opsi ini jika toko cabang belum memiliki akun Kasir Pintar.
- Sudah Punya Akun : Gunakan opsi ini jika toko cabang sudah memiliki akun (terdaftar) di Kasir Pintar.
1. Tambah Cabang (Belum Punya Akun)
- Login ke website/back office Kasir Pintar menggunakan Akun Pusat.
- Pilih menu Cabang -> Pengaturan di sidebar.
- Klik tombol Tambah Cabang untuk menambahkan akun toko cabang.
- Pilih opsi Belum Punya Akun jika toko cabang yang ingin ditambahkan belum memiliki akun (belum terdaftar) di Kasir Pintar.
- Lengkapi form tambah cabang berikut. Setelah semua terisi, klik tombol Simpan untuk menyimpan data akun cabang.
- Klik opsi IYA untuk mengonfirmasi penambahan akun cabang.
- Sistem akan mengirimkan email verifikasi ke alamat email yang Anda masukkan saat pendaftaran akun toko cabang.
Status akun akan ditampilkan sebagai “Belum Verifikasi Email” hingga proses verifikasi selesai.
1.1 Verifikasi Akun Cabang (Belum Punya Akun)
Setelah Akun Pusat menambahkan Akun Cabang, Akun Cabang harus melakukan verifikasi dengan cara berikut :
- Buka email Akun Cabang yang sudah didaftarkan, lalu cari email verifikasi dari Kasir Pintar.
Catatan: Jika email tidak ditemukan di Kotak Masuk (Inbox), periksa semua kategori email, seperti : All Mail (Semua Email), Spam, Promotions (Promosi), Social (Sosial), dan Updates (Info Terbaru). - Klik tombol Verifikasi Akun Cabang di dalam email tersebut.
- Setelah verifikasi berhasil, status Akun Cabang akan berubah menjadi Aktif. Akun Pusat kini dapat memantau transaksi dari akun cabang tersebut.
Sementara itu, di Akun Cabang, halaman “Pengaturan Cabang” akan menampilkan informasi bahwa akun telah terdaftar sebagai cabang dari toko pusat.
Setelah email cabang berhasil diverifikasi, cabang akan mendapatkan masa trial aplikasi Kasir Pintar Pro selama 30 hari.
2. Tambah Cabang (Sudah Punya Akun)
Gunakan panduan ini jika toko cabang Anda sudah memiliki akun Kasir Pintar. Langkah ini merupakan tahap awal untuk memonitoring akun cabang :
- Login ke website/back office Kasir Pintar menggunakan Akun Pusat.
- Pilih menu Cabang -> Pengaturan di sidebar.
- Klik tombol Tambah Cabang untuk menambahkan akun toko cabang.
- Pilih opsi Sudah Punya Akun jika toko cabang yang ingin ditambahkan sudah memiliki akun (sudah terdaftar) di Kasir Pintar.
- Masukkan email yang ingin ditambahkan sebagai akun cabang. Pastikan akun tersebut adalah Akun Premium (PRO), lalu klik tombol Simpan.
- Klik IYA Tambah untuk mengonfirmasi penambahan cabang.
- Sistem akan mengirim permintaan verifikasi di Akun Cabang pada halaman Menu Cabang -> Pengaturan -> Konfirmasi di website/back office Kasir Pintar.
Status akun cabang akan ditampilkan sebagai “Belum Diterima” hingga proses verifikasi selesai.
1.2. Verifikasi Akun Cabang (Sudah Punya Akun)
Setelah Akun Pusat menambahkan Akun Cabang, Akun Cabang harus melakukan verifikasi dengan cara berikut :
- Login ke website/back office Kasir Pintar menggunakan Akun Cabang.
- Pilih menu Cabang -> Pengaturan di sidebar.
- Pada halaman Pengaturan Cabang, klik tombol Konfirmasi Sekarang untuk melakukan verifikasi.
- Klik tombol IYA Setujui untuk mengonfirmasi persetujuan menjadi cabang.
Proses verifikasi berhasil dilakukan. - Setelah verifikasi berhasil, status Akun Cabang akan berubah menjadi Aktif. Kini, Akun Pusat dapat memantau transaksi dari akun cabang tersebut.
Sementara itu, di Akun Cabang, halaman “Pengaturan Cabang” akan menampilkan informasi bahwa akun telah terdaftar sebagai cabang dari toko pusat.
FAQS
- Apa yang harus dilakukan Cabang jika tidak menerima email verifikasi setelah memilih opsi “Tambah Cabang (Belum Punya Akun)” ?
Jika Anda tidak menerima email verifikasi dari Kasir Pintar, coba langkah berikut :- Periksa semua kategori email, seperti : All Mail (Semua Email), Spam, Promotions (Promosi), Social (Sosial), dan Updates (Info Terbaru).
- Jika email tidak ditemukan di kategori manapun, klik tombol Kirim Ulang untuk mengirim ulang email verifikasi ke alamat email cabang yang terdaftar.
Video Tutorial
Panduan Lainnya
- Pengenalan Fitur Cabang
- Cara Salin Barang ke Akun Cabang
- Cara Mengelola Barang di Cabang Melalui Akun Pusat (Fitur Manajemen Barang Cabang)
- Cara Transfer Barang ke Cabang (Tanpa Konfirmasi)
- Cara Transfer Barang ke Cabang (Mode Konfirmasi)
- Cara Edit Barang di Banyak Cabang Sekaligus Melalui Akun Pusat (Edit Bulk)
- Cara Top Up Coin Premium Secara Massal (Bulk Deposit)
- Hak Akses Fitur Cabang