Fitur Cabang Toko

You are here:
← All Topics

Fitur cabang pada Kasir Pintar dapat digunakan oleh User Premium (Pro). Fitur ini dapat membantu Anda untuk memonitoring akun cabang, sehingga Anda tetap perlu membuat akun baru untuk toko cabang usaha Anda.

Terdapat 2 opsi untuk menambahkan akun cabang :

  • Belum Punya Akun, opsi ini digunakan apabila toko cabang belum mempunyai akun Kasir Pintar
  • Sudah Punya Akun, opsi ini digunakan apabila toko cabang sudah mempunyai akun Kasir Pintar

Cara Menambah Akun Cabang

-Cara Menambah Akun Cabang untuk case “Belum Punya Akun” 

Berikut ini merupakan cara untuk menambahkan akun cabang sebagai langkah awal Anda untuk memonitoring akun cabang :

  1. Silahkan Login menggunakan Akun Pusat ke Website Backoffice Kasir Pintar
  2. Pilih Menu Cabang, lalu pilih Sub menu Pengaturan pada sidebar
  3. Klik tombol Tambah Cabang untuk menambahkan akun cabang
  4. Pilih opsi Belum Punya Akun, opsi ini digunakan apabila toko cabang yang akan Anda tambahkan belum mempunyai akun Kasir Pintar
  5. Silahkan lengkapi form yang tersedia terkait data akun cabang (contoh pengisian form seperti berikut)

    Setelah form terisi, klik tombol Simpan untuk menyimpan data cabang
  6. Klik tombol IYA untuk menambahkan cabang baru
  7. Setelah itu sistem akan mengirimkan email verifikasi ke “Email Akun Cabang” yang telah ditambahkan

Verifikasi Akun Cabang

Setelah akun pusat menambahkan akun cabang, maka “Akun Cabang” perlu melakukan verifikasi agar akun pusat dapat segera memonitor akun cabang. Akun cabang hanya perlu melakukan konfirmasi dengan cara klik tombol Verifikasi Akun Cabang pada email yang diterima oleh Akun cabang seperti contoh berikut

Setelah diverifikasi oleh Akun Cabang, maka status akun cabang menjadi Aktif sehingga akun toko pusat dapat memonitoring akun toko cabang. Berikut merupakan tampilan pada Akun cabang yang telah menjadi bagian dari Akun pusat.

-Cara Menambah Akun Cabang untuk case “Sudah Punya Akun” 

Berikut ini merupakan cara untuk menambahkan akun cabang sebagai langkah awal Anda untuk memonitoring akun cabang :

  1. Silahkan login menggunakan Akun Pusat ke Website Backoffice Kasir Pintar
  2. Pilih Menu Cabang, lalu pilih Sub menu Pengaturan pada sidebar
  3. Klik tombol Tambah Cabang untuk menambahkan akun cabang
  4. Pilih opsi Sudah Punya Akun, opsi ini digunakan apabila toko cabang yang akan Anda tambahkan sudah mempunyai akun Kasir Pintar
  5. Silahkan masukkan email yang akan didaftarkan sebagai akun cabang. Pastikan akun tersebut merupakan Akun Premium (PRO). Setelah itu klik tombol Simpan
  6. Klik tombol IYA untuk menambahkan cabang baru
  7. Selanjutnya sistem akan mengirimkan verifikasi ke “Website Akun Cabang

Verifikasi Akun Cabang

Setelah akun pusat menambahkan akun cabang, maka Akun Cabang perlu melakukan verifikasi agar akun pusat dapat segera memonitor akun cabang. “Akun Cabang” perlu melakukan verifikasi pada Website/Back Office Akun cabang dengan cara :
-Silahkan login menggunakan Akun Cabang ke Website Backoffice Kasir Pintar
-Pilih Menu Cabang, lalu pilih Sub Menu Pengaturan

-Pada halaman Management Cabang & Pusat, klik opsi Buka Sekarang pada icon lonceng berikut

– Klik tombol IYA untuk menyetujui verifikasi tersebut

-Setelah diverifikasi oleh akun cabang, maka status akun cabang menjadi Aktif sehingga akun toko pusat dapat memonitoring akun toko cabang. Berikut merupakan tampilan pada Akun cabang yang telah menjadi bagian dari Akun pusat.

Contoh Kasus :

Pak Budi memiliki usaha retail di daerah Jakarta, usaha Pak Budi sudah lumayan maju sehingga dia memiliki 3 cabang di daerah Jakarta Pusat, Jakarta Barat dan Jakarta Timur, namun Pak Budi tidak bisa setiap hari memantau cabang usaha yang dia miliki. Untuk mengatur segala transaksi penjualannya, Pak Budi memakai aplikasi Kasir Pintar Pro. Karena Pak Budi memiliki 2 cabang lainnya, maka Pak Budi membuat 2 akun baru lagi untuk transaksi di Jakarta Timur dan Jakarta Barat. Tetapi Pak Budi masih kesulitan jika harus log in lalu log out untuk memantau ketiga tokonya. Sehingga perlu cara yang lebih praktis lagi untuk memantau tokonya tersebut. Tim Kasir Pintar dengan sigap membantu permasalahan Pak Budi. Sekarang Kasir Pintar meluncurkan fitur baru yaitu fitur cabang yang dapat membantu Pak Budi dan para pengusaha lainnya dalam melakukan monitoring penjualan. Akhirnya setelah fitur ini rilis, Pak Budi dapat dengan mudah mengatur stok dan memonitoring penjualan pada ketiga tokonya tersebut. Bagaimana dengan Anda? Bagikan ceritamu disini.

Transfer Barang ke Cabang Lain

Fitur cabang akan membuat Anda mengatur toko-toko Anda menjadi lebih mudah, salah satunya dengan adanya fitur untuk mentransfer barang kepada cabang. Fitur transfer barang ini hanya dapat dilakukan dari Akun Pusat ke Akun Cabang, dengan cara berikut :

  1. Silahkan Login menggunakan Akun Pusat ke Website Backoffice Kasir Pintar
  2. Pilih Menu Cabang, lalu pilih Sub Menu Transfer Barang pada sidebar
  3. Lengkapi field yang tersedia terkait data transfer barang (Input Toko Asal, Toko Tujuan, dan Keterangan)
  4. Selanjutnya input barang yang akan ditransfer atau Anda dapat melakukan export/import untuk transfer barang. Setelah input data barang, klik tombol Tambah untuk menambah list barang yang akan ditransfer
  5. Klik tombol Simpan untuk submit barang yang akan ditransfer
  6. Selanjutnya Anda akan mendapatkan nota transfer barang seperti berikut
  7. Untuk memeriksa apakah barang berhasil di transfer, silahkan menuju ke Menu Cabang, lalu pilih Sub menu Laporan Transfer. Pada halaman laporan transfer barang terdapat detail informasi mengenai transfer barang yang telah dilakukan
  8. Selanjutnya untuk memeriksa apakah barang yang ditransfer sudah masuk ke Akun Cabang, silahkan login ke Akun Cabang. Setelah itu pilih Menu Cabang, lalu pilih Sub menu Laporan Transfer. Pada halaman laporan transfer barang terdapat detail informasi mengenai transfer barang yang telah dilakukan.

Selamat Mencoba!

Apakah artikel ini cukup membantu?