How Can We Help?

Fitur Cabang Toko

You are here:
← All Topics

Fitur cabang pada Kasir Pintar dapat digunakan oleh User Premium (Pro). Fitur ini dapat membantu Anda untuk memonitoring akun cabang, sehingga Anda tetap perlu membuat akun baru untuk toko cabang usaha Anda.

Terdapat 2 opsi untuk menambahkan akun cabang :

  • Belum Punya Akun, opsi ini digunakan apabila toko cabang belum mempunyai akun Kasir Pintar
  • Sudah Punya Akun, opsi ini digunakan apabila toko cabang sudah mempunyai akun Kasir Pintar

Cara Menambah Akun Cabang

-Cara Menambah Akun Cabang untuk case “Belum Punya Akun” 

Berikut ini merupakan cara untuk menambahkan akun cabang sebagai langkah awal Anda untuk memonitoring akun cabang :

  1. Silahkan Login menggunakan Akun Pusat ke Website/Back Office Kasir Pintar
  2. Pilih Menu Cabang, lalu pilih Sub menu Pengaturan pada sidebar
  3. Klik tombol Tambah Cabang untuk menambahkan akun cabang
  4. Pilih opsi Belum Punya Akun, opsi ini digunakan apabila toko cabang yang akan Anda tambahkan belum mempunyai akun Kasir Pintar
  5. Silahkan lengkapi form yang tersedia terkait data akun cabang (contoh pengisian form seperti berikut)

    Setelah form terisi, klik tombol Simpan untuk menyimpan data cabang
  6. Klik tombol IYA untuk menambahkan cabang baru
  7. Setelah itu sistem akan mengirimkan email verifikasi ke “Email Akun Cabang” yang telah ditambahkan

Verifikasi Akun Cabang

Setelah akun pusat menambahkan akun cabang, maka “Akun Cabang” perlu melakukan verifikasi agar akun pusat dapat segera memonitor akun cabang. Akun cabang hanya perlu melakukan konfirmasi dengan cara klik tombol Verifikasi Akun Cabang pada email yang diterima oleh Akun cabang seperti contoh berikut

Setelah diverifikasi oleh Akun Cabang, maka status akun cabang menjadi Aktif sehingga akun toko pusat dapat memonitoring akun toko cabang. Berikut merupakan tampilan pada Akun cabang yang telah menjadi bagian dari Akun pusat.

-Cara Menambah Akun Cabang untuk case “Sudah Punya Akun” 

Berikut ini merupakan cara untuk menambahkan akun cabang sebagai langkah awal Anda untuk memonitoring akun cabang :

  1. Silahkan login menggunakan Akun Pusat ke Website Backoffice Kasir Pintar
  2. Pilih Menu Cabang, lalu pilih Sub menu Pengaturan pada sidebar
  3. Klik tombol Tambah Cabang untuk menambahkan akun cabang
  4. Pilih opsi Sudah Punya Akun, opsi ini digunakan apabila toko cabang yang akan Anda tambahkan sudah mempunyai akun Kasir Pintar
  5. Silahkan masukkan email yang akan didaftarkan sebagai akun cabang. Pastikan akun tersebut merupakan Akun Premium (PRO). Setelah itu klik tombol Simpan
  6. Klik tombol IYA untuk menambahkan cabang baru
  7. Selanjutnya sistem akan mengirimkan verifikasi ke “Website Akun Cabang

Verifikasi Akun Cabang

Setelah akun pusat menambahkan akun cabang, maka Akun Cabang perlu melakukan verifikasi agar akun pusat dapat segera memonitor akun cabang. “Akun Cabang” perlu melakukan verifikasi pada Website/Back Office Akun cabang dengan cara :
-Silahkan login menggunakan Akun Cabang ke Website Backoffice Kasir Pintar
-Pilih Menu Cabang, lalu pilih Sub Menu Pengaturan

-Pada halaman Management Cabang & Pusat, klik opsi Buka Sekarang pada icon lonceng berikut

– Klik tombol IYA untuk menyetujui verifikasi tersebut

-Setelah diverifikasi oleh akun cabang, maka status akun cabang menjadi Aktif sehingga akun toko pusat dapat memonitoring akun toko cabang. Berikut merupakan tampilan pada Akun cabang yang telah menjadi bagian dari Akun pusat.

Contoh Kasus :

Pak Budi memiliki usaha retail di daerah Jakarta. Usaha Pak Budi sudah lumayan maju sehingga dia memiliki 3 cabang di daerah Jakarta Pusat, Jakarta Barat dan Jakarta Timur. Namun. Pak Budi tidak bisa setiap hari memantau cabang usaha yang dia miliki. Untuk mengatur segala transaksi penjualannya, Pak Budi menggunakan aplikasi Kasir Pintar Pro. Karena Pak Budi memiliki 2 cabang lainnya, maka Pak Budi membuat 2 akun baru lagi untuk transaksi di Jakarta Timur dan Jakarta Barat. Tetapi Pak Budi masih kesulitan jika harus log in lalu log out untuk memantau ketiga tokonya. Sehingga perlu cara yang lebih praktis untuk memantau tokonya tersebut. Tim Kasir Pintar dengan sigap membantu permasalahan Pak Budi. Kini Kasir Pintar meluncurkan fitur baru yaitu fitur cabang yang dapat membantu Pak Budi dan para pengusaha lainnya dalam melakukan monitoring penjualan. Akhirnya setelah fitur ini rilis, Pak Budi dapat dengan mudah mengatur stok dan memonitoring penjualan pada ketiga tokonya tersebut. Bagaimana dengan Anda? Bagikan ceritamu disini.

Transfer Barang ke Cabang Lain

Fitur Transfer Barang dapat membantu Anda untuk mengirimkan data barang dari toko pusat ke toko cabang secara mudah. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat mengatur stok barang pada toko cabang Anda. Fitur transfer barang hanya dapat dilakukan dari Akun Pusat ke Akun Cabang dan dapat diakses melalui Website/Back Office Kasir Pintar.

  1. Silahkan Login menggunakan Akun Pusat ke Website/Back Office Kasir Pintar
  2. Pilih Menu Cabang, lalu pilih Sub menu Transfer Barang pada sidebar
  3. Terdapat 2 cara untuk menginputkan barang yang akan ditransfer :
    1. Transfer Barang Secara Manual
      Anda dapat memilih opsi Transfer Barang Manual jika ingin memasukkan barang yang akan ditransfer melalui pencarian manual, dengan cara berikut :
      1. Pastikan Anda berada pada halaman tab Transfer Produk Manual
      2. Lakukan pengisian pada kolom yang tersedia terkait data transfer barang atau jasa :
        • Toko Asal, toko yang mengirim produk
        • Toko Tujuan, toko yang menerima produk
        • Keterangan, catatan yang dapat Anda tambahkan ketika melakukan transfer barang ke toko cabang
      3. Masukkan nama/kode barang yang akan ditransfer pada kolom berikut
      4. Klik tombol Tambah untuk menambahkan barang tersebut ke dalam list barang yang akan ditransfer. Lakukan step 3-4 secara berulang untuk menambahkan barang yang akan ditransfer
      5. Apabila barang berhasil ditambahkan, klik tombol Transfer Sekarang untuk melakukan proses transfer barang ke toko cabang
      6. Anda akan mendapatkan notifikasi Berhasil Transfer Stok, jika proses transfer barang ke toko cabang berhasil dilakukan

        Berikut contoh tampilan Nota Transfer Barang yang akan Anda dapatkan
    2. Transfer Barang via Excel
      Anda dapat memilih opsi Transfer Barang via Excel jika ingin memasukkan produk yang akan ditransfer secara sekaligus melalui file excel, dengan cara berikut :
      1. Pilih tab Transfer Produk via Excel
      2. Lakukan pengisian pada kolom yang tersedia terkait data transfer barang atau jasa :
        • Toko Asal, toko yang mengirim produk
        • Toko Tujuan, toko yang menerima produk
        • Keterangan, catatan yang dapat Anda tambahkan ketika melakukan transfer barang ke toko cabang
      3. Klik tombol Download Barang (Export) untuk mengunduh file data barang yang terdapat di toko Anda
      4. Sebelum mengatur stok transfer barang pada file excel, perhatikan Ketentuan Transfer Barang yang tertera pada Website/Back Office berikut
      5. Selanjutnya lakukan pengisian data pada file excel tersebut sesuai dengan petunjuk yang tertera pada masing-masing kolom. Masukkan jumlah stok barang yang akan ditransfer pada toko cabang melalui file excel yang telah Anda download. Apabila Anda ingin menginputkan angka desimal pada kolom tertentu, maka gunakan tanda titik sebagai pemisah

      6. Simpan file excel tersebut jika Anda telah selesai melakukan pengisian data. Pastikan pengisian data telah memenuhi ketentuan agar terhindar dari kesalahan/gagal import. Selanjutnya klik tombol Pilih file untuk mengupload file excel tersebut
      7. Klik tombol Submit File jika nama file excel Anda sudah terbaca oleh sistem seperti berikut
      8. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman verifikasi export transfer barang. Pada halaman ini Anda dapat memeriksa kembali barang yang akan ditransfer
        – Apabila terdapat pemberitahuan error pada kolom Keterangan, silahkan perbaiki pengisian file dan lakukan Import Ulang
        – Apabila tidak ada pemberitahuan error pada kolom Keterangan, silahkan pilih tombol Transfer Sekarang untuk melanjutkan proses transfer barang ke toko cabang
        Perlu diketahui bahwa hanya barang/jasa dengan Tipe Default yang dapat ditransfer ke toko cabang dan pastikan stok barang tersebut tersedia di toko pusat
      9. Pilih opsi IYA untuk mengonfirmasi proses export transfer barang ke toko cabang
      10. Anda akan mendapatkan notifikasi Berhasil Transfer Stok, jika proses transfer barang ke toko cabang berhasil dilakukan

        Berikut contoh tampilan Nota Transfer Barang yang akan Anda dapatkan
  4. Anda dapat memeriksa kembali barang yang berhasil ditransfer pada halaman Laporan Transfer Barang. Untuk mengaksesnya, silahkan pilih Menu Cabang > Laporan Transfer. Pada halaman tersebut terdapat detail informasi mengenai proses transfer barang yang telah dilakukan (Contoh tampilan pada Akun Toko Pusat)
  5. Selanjutnya untuk memeriksa apakah barang yang ditransfer sudah masuk ke akun cabang, Anda dapat melihatnya pada halaman Laporan Transfer Barang di akun cabang. Untuk mengaksesnya, silahkan login ke Akun Cabang, lalu pilih Menu Cabang > Laporan Transfer. Pada halaman tersebut terdapat detail informasi mengenai transfer barang yang telah dilakukan (Contoh tampilan pada Akun Toko Cabang)

Selamat Mencoba!

Apakah artikel ini cukup membantu?

Previous Cara Upload Multiple Image
Next Fitur Linkpintar
Table of Contents