How Can We Help?

Fitur Transfer Barang dengan Mode Konfirmasi Cabang

You are here:
← All Topics

Fitur Transfer Barang dapat membantu Anda untuk mengirimkan data barang dari toko pusat ke toko cabang secara mudah. Kini tersedia fitur transfer barang dengan mode konfirmasi cabang, dimana toko cabang (penerima barang) dapat mengonfirmasi sekaligus memilih barang yang telah dikirimkan oleh toko pusat. Fitur transfer barang dengan mode konfirmasi cabang hanya dapat diakses melalui Website/Back Office Kasir Pintar dan dapat digunakan bagi Anda yang telah berlangganan Akun Premium (Pro) + Plugin Bisnis.

Tersedia 2 pilihan untuk melakukan transfer barang ke akun cabang, yaitu:

  1. Transfer Barang Manual, digunakan jika Anda ingin memasukkan barang yang akan ditransfer melalui kolom pencarian secara manual.
  2. Transfer Barang via Excel, digunakan jika Anda ingin memasukkan barang yang akan ditransfer melalui file excel.

Transfer Barang Manual Menggunakan Mode Konfirmasi Cabang

  1. Silahkan Login menggunakan Akun Pusat ke Website/Back Office Kasir Pintar
  2. Pilih Menu Cabang, lalu pilih Sub menu Transfer Barang pada sidebar
  3. Pilih tab Transfer Produk Manual jika Anda ingin memasukkan barang yang akan ditransfer melalui kolom pencarian secara manual
  4. Aktifkan mode konfirmasi cabang dengan mengubah toggle hingga berwarna hijau (Aktif) seperti berikut
  5. Lakukan pengisian pada kolom yang tersedia terkait data transfer barang atau jasa:
    • Toko Asal, toko yang mengirim barang
    • Toko Tujuan, toko yang menerima barang
    • Keterangan, catatan yang dapat Anda tambahkan ketika melakukan transfer barang ke toko cabang
    • Note :
      Perlu diketahui bahwa saat ini fitur transfer barang dengan mode konfirmasi cabang hanya dapat digunakan untuk toko yang menggunakan Metode Akuntansi Default
      • Jika terdapat tanda silang pada nama toko asal atau toko tujuan, artinya toko tersebut menggunakan metode akuntansi selain Default (FIFO/LIFO/Average), sehingga tidak dapat menggunakan mode konfirmasi cabang. Apabila Anda ingin mengubah metode akuntansi toko, maka Anda dapat melihatnya pada artikel berikut
      • Jika terdapat tanda centang pada nama toko asal atau toko tujuan, artinya toko tersebut menggunakan metode akuntansi Default, sehingga dapat menggunakan mode konfirmasi cabang
  6. Masukkan nama/kode barang yang akan ditransfer pada kolom berikut
  7. Klik tombol Tambah untuk menambahkan barang tersebut ke dalam list barang yang akan ditransfer. Lakukan step 6-7 secara berulang untuk menambahkan data barang yang akan ditransfer
  8. Jika barang telah berhasil ditambahkan, klik tombol Transfer Sekarang untuk melakukan proses transfer barang ke toko cabang/toko tujuan
  9. Pastikan nama toko asal (pengirim) dan toko tujuan (penerima) transfer barang telah sesuai, lalu pilih opsi Iya pada pop up Konfirmasi Transfer Barang
  10. Transfer barang telah berhasil diajukan ke toko cabang/toko tujuan
  11. Selanjutnya terdapat 2 pilihan untuk melakukan konfirmasi transfer barang. Konfirmasi transfer barang dapat dilakukan oleh Toko pusat maupun Toko cabang, dengan cara berikut :
    1. Konfirmasi Barang oleh Toko Pusat
      Pilihan ini digunakan jika konfirmasi transfer barang dilakukan secara langsung oleh toko pusat (pengirim barang) tanpa membutuhkan persetujuan dari akun cabang penerima.
      1. Pilih tombol Konfirmasi Langsung pada halaman Konfirmasi Transfer Stok
      2. Pilih opsi Terima atau Tolak pada seluruh barang yang diterima:
        • Terima Seluruh Barang
          Anda dapat memilih opsi Terima Seluruh Barang apabila barang yang diterima dalam kondisi baik, lalu pilih tombol Konfirmasi

          Proses konfirmasi transfer barang telah berhasil dilakukan. Anda akan mendapatkan Nota Transfer Barang yang berisi informasi mengenai daftar barang yang diterima.
        • Tolak Seluruh Barang
          Anda dapat memilih opsi Tolak Seluruh Barang apabila barang yang diterima dalam kondisi rusak/tidak sesuai. Selanjutnya masukkan alasan penolakan pada kolom Keterangan, lalu pilih tombol Konfirmasi

          Proses konfirmasi transfer barang telah berhasil dilakukan. Anda akan mendapatkan Nota Transfer Barang yang berisi informasi mengenai daftar barang yang ditolak.


    2. Konfirmasi Barang oleh Toko Cabang
      Pilihan ini digunakan jika konfirmasi transfer barang dilakukan oleh toko cabang (penerima barang) dan nantinya terdapat 2 pilihan berikut:
      Cek Barang Manual untuk memilih “setiap barang” yang diterima.
      Konfirmasi Langsung pada “seluruh barang” yang diterima.
      Anda dapat memilih salah satu pilihan tersebut, untuk penjelasan lebih lengkapnya silahkan simak cara berikut:
      1. Silahkan Login menggunakan Akun Cabang ke Website/Back Office Kasir Pintar
      2. Pilih Menu Cabang, lalu pilih Sub menu Konfirmasi Transfer pada sidebar

        Atau Anda dapat memilih icon notifikasi untuk melihat pemberitahuan konfirmasi transfer barang seperti berikut
      3. Terdapat 3 aksi yang dapat Anda lakukan pada list transfer barang terbaru yang memiliki status “Belum dikonfirmasi”, diantaranya yaitu:
        1. Detail, digunakan untuk mengunduh dan melihat surat jalan transfer barang
        2. Cek Barang Manual, pilihan ini digunakan untuk memeriksa dan memilih barang yang diterima. Jumlah barang yang tertera pada kolom ‘Diterima’ merupakan jumlah barang yang telah ditransfer
          • Masukkan jumlah barang yang diterima pada setiap list barang, dengan begitu maka kolom Ditolak akan menyesuaikan dengan sendirinya. Jika sudah, pilih tombol Konfirmasi Sekarang.
            – Sebagai contoh, disini kami akan menolak/meretur 5 barang dengan rincian:
            2 dumpling cheese, 3 sosis kanzler, dan 1 minuman fanta
          • Masukkan alasan Anda melakukan retur pada setiap kolom barang yang akan diretur berikut, lalu klik tombol Iya, Simpan.
          • Proses konfirmasi transfer barang telah berhasil dilakukan. Anda akan mendapatkan Nota Transfer Barang sesuai dengan kondisi yang telah Anda pilih
        3. Konfirmasi Langsung, pilihan ini digunakan untuk mengonfirmasi barang secara keseluruhan, dengan cara:
          • Anda dapat memilih opsi Terima Seluruh Barang apabila barang yang diterima dalam kondisi baik, lalu pilih tombol Konfirmasi
          • Anda dapat memilih opsi Tolak Seluruh Barang apabila barang yang diterima dalam kondisi rusak/tidak sesuai. Selanjutnya masukkan alasan penolakan pada kolom Keterangan, lalu pilih tombol Konfirmasi
          • Jika sudah melakukan konfirmasi barang, maka Anda akan mendapatkan Nota Transfer Barang sesuai dengan “kondisi” yang telah dipilih.
            Contoh:
  12. Proses konfirmasi transfer barang telah berhasil dilakukan. Selamat Mencoba!

Transfer Barang via Excel dengan Mode Konfirmasi Cabang

  1. Silahkan Login menggunakan Akun Pusat ke Website/Back Office Kasir Pintar
  2. Pilih Menu Cabang, lalu pilih Sub menu Transfer Barang pada sidebar
  3. Pilih tab Transfer Produk via Excel jika Anda ingin memasukkan barang yang akan ditransfer melalui file excel
  4. Aktifkan mode konfirmasi cabang dengan mengubah toggle hingga berwarna hijau (Aktif)
  5. Lakukan pengisian pada kolom yang tersedia terkait data transfer barang atau jasa:
    • Toko Asal, toko yang mengirim barang
    • Toko Tujuan, toko yang menerima barang
    • Keterangan, catatan yang dapat Anda tambahkan ketika melakukan transfer barang ke toko cabang
    • Note :
      • Perlu diketahui bahwa saat ini fitur transfer barang dengan konfirmasi cabang hanya dapat digunakan untuk toko yang menggunakan Metode Akuntansi Default
      • Jika terdapat tanda silang pada nama toko asal atau toko tujuan, artinya toko tersebut menggunakan metode akuntansi selain Default (FIFO/LIFO/Average), sehingga tidak dapat menggunakan mode konfirmasi cabang. Apabila Anda ingin mengubah metode akuntansi toko, maka Anda dapat melihatnya pada artikel berikut
      • Jika terdapat tanda centang pada nama toko asal atau toko tujuan, artinya toko tersebut menggunakan metode akuntansi Default, sehingga dapat menggunakan mode konfirmasi cabang
  6. Klik tombol Download Barang (Export) untuk mengunduh file data barang yang terdapat di toko Anda
  7. Sebelum mengatur stok transfer barang pada file excel, perhatikan Ketentuan Transfer Barang yang tertera pada Website/Back Office berikut
  8. Selanjutnya lakukan pengisian data sesuai dengan petunjuk yang tertera pada masing-masing kolom. Masukkan jumlah barang yang akan ditransfer pada toko cabang melalui file excel yang telah Anda download. Apabila Anda ingin menginputkan angka desimal pada kolom tertentu, maka gunakan tanda titik sebagai pemisah
  9. Simpan file excel tersebut jika Anda telah selesai melakukan pengisian data. Pastikan pengisian data telah memenuhi ketentuan agar terhindar dari kesalahan/gagal import. Selanjutnya klik tombol Pilih file untuk mengupload file excel tersebut
  10. Klik tombol Submit File jika nama file excel Anda sudah terbaca oleh sistem seperti berikut
  11. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman verifikasi export transfer barang. Pada halaman ini Anda dapat memeriksa kembali barang yang akan ditransfer
    • Apabila terdapat pemberitahuan error pada kolom Keterangan, silahkan perbaiki pengisian file dan lakukan Import Ulang
    • Perlu diketahui bahwa hanya barang/jasa dengan Tipe Default yang dapat ditransfer ke toko cabang dan pastikan stok barang tersebut tersedia di toko pusat
    • Apabila tidak ada pemberitahuan error pada kolom Keterangan, silahkan pilih tombol Transfer Sekarang untuk melanjutkan proses transfer barang ke toko cabang
  12. Pastikan nama toko asal (pengirim) dan toko tujuan (penerima) transfer barang telah sesuai, lalu pilih opsi Iya pada pop up Konfirmasi Transfer Barang
  13. Transfer barang telah berhasil diajukan ke toko cabang/toko tujuan
  14. Selanjutnya terdapat 2 pilihan untuk melakukan konfirmasi transfer barang. Konfirmasi transfer barang dapat dilakukan oleh Toko pusat maupun Toko cabang, dengan cara berikut :
    1. Konfirmasi Barang oleh Toko Pusat
      Pilihan ini digunakan jika konfirmasi transfer barang dilakukan secara langsung oleh toko pusat (pengirim barang) tanpa membutuhkan persetujuan akun cabang penerima.
      1. Pilih tombol Konfirmasi Langsung pada halaman Konfirmasi Transfer Stok
      2. Pilih opsi Terima atau Tolak pada seluruh barang yang diterima: 
        • Terima Seluruh Barang
          Anda dapat memilih opsi Terima Seluruh Barang apabila barang yang diterima dalam kondisi baik, lalu pilih tombol Konfirmasi

          Proses konfirmasi transfer barang telah berhasil dilakukan. Anda akan mendapatkan Nota Transfer Barang yang berisi informasi mengenai daftar barang yang diterima.
        • Tolak Seluruh Barang
          Anda dapat memilih opsi Tolak Seluruh Barang apabila barang yang diterima dalam kondisi rusak/tidak sesuai. Selanjutnya masukkan alasan penolakan pada kolom Keterangan, lalu pilih tombol Konfirmasi

          Proses konfirmasi transfer barang telah berhasil dilakukan. Anda akan mendapatkan Nota Transfer Barang yang berisi informasi mengenai daftar barang yang ditolak.


    2. Konfirmasi Barang oleh Toko Cabang
      Pilihan ini digunakan jika konfirmasi transfer barang dilakukan oleh toko cabang (penerima barang) dan nantinya akan terdapat 2 pilihan berikut:
      Cek Barang Manual untuk memilih dan memilah “setiap barang” yang diterima.
      Konfirmasi Langsung pada “seluruh barang” yang diterima.
      Anda dapat memilih salah satu pilihan tersebut, untuk penjelasan lebih lengkapnya silahkan simak cara berikut:
      1. Silahkan Login menggunakan Akun Cabang ke Website/Back Office Kasir Pintar
      2. Pilih Menu Cabang, lalu pilih Sub menu Konfirmasi Transfer pada sidebar

        Atau Anda dapat memilih icon notifikasi untuk melihat pemberitahuan konfirmasi transfer barang seperti berikut
      3. Terdapat 3 aksi yang dapat Anda lakukan pada list transfer barang terbaru yang memiliki status “Belum dikonfirmasi”, diantaranya yaitu:
        1. Detail, digunakan untuk mengunduh dan melihat surat jalan transfer barang
        2. Cek Barang Manual, pilihan ini digunakan untuk memeriksa dan memilih barang yang diterima. Jumlah barang yang tertera pada kolom ‘Diterima’ merupakan jumlah barang yang telah ditransfer
          • Masukkan jumlah barang yang diterima pada setiap list barang, dengan begitu maka kolom Ditolak akan menyesuaikan dengan sendirinya. Jika sudah, pilih tombol Konfirmasi Sekarang.
            – Sebagai contoh, disini kami akan menolak/meretur 5 barang dengan rincian:
            1 sosis kanzler, 2 dumpling cheese, 3 minuman sprite
          • Masukkan alasan Anda melakukan retur pada setiap kolom barang yang akan diretur berikut. Selanjutnya pilih tombol Iya, Simpan untuk mengonfirmasi barang yang diterima
          • Proses konfirmasi transfer barang telah berhasil dilakukan. Anda akan mendapatkan Nota Transfer Barang sesuai dengan kondisi yang telah Anda pilih
        3. Konfirmasi Langsung, pilihan ini digunakan untuk mengonfirmasi barang secara keseluruhan, dengan cara:
          • Anda dapat memilih opsi Terima Seluruh Barang apabila barang yang diterima dalam kondisi baik, lalu pilih tombol Konfirmasi
          • Anda dapat memilih opsi Tolak Seluruh Barang apabila barang yang diterima dalam kondisi rusak/tidak sesuai. Selanjutnya masukkan alasan penolakan pada kolom Keterangan, lalu pilih tombol Konfirmasi
          • Jika sudah melakukan konfirmasi barang, maka Anda akan mendapatkan Nota Transfer Barang sesuai dengan “kondisi” yang telah dipilih.
            Contoh:
  15. Proses konfirmasi transfer barang telah berhasil dilakukan. Selamat Mencoba!

Catatan:

  • Konfirmasi transfer barang dapat dilakukan oleh toko pusat (pengirim) maupun toko cabang (penerima). Namun, terdapat perbedaan diantara keduanya :
    • Jika konfirmasi transfer barang dilakukan secara langsung oleh toko pusat, maka toko pusat hanya dapat memilih 2 kondisi pada seluruh barang yaitu “Terima Seluruh Barang” atau “Tolak Seluruh Barang”.
      • Terima Seluruh Barang : Seluruh barang 100% diterima dalam kondisi baik
      • Tolak Seluruh Barang : Seluruh barang 100% diterima dalam kondisi rusak/tidak sesuai

    • Jika konfirmasi transfer barang dilakukan oleh toko cabang, maka toko cabang dapat memilih 2 opsi berikut:
      1. Cek Barang Manual, pilihan ini digunakan jika toko cabang ingin memilih setiap barang yang diterima. Nantinya, toko cabang dapat memasukkan “Jumlah barang yang diterima” dan “Jumlah barang yang ditolak/diretur” pada kolom yang tersedia. Toko cabang dapat menginputkan jumlah barang yang diterima kurang dari barang yang dikirim.
      2. Konfirmasi Langsung, pilihan ini digunakan jika toko cabang ingin memilih kondisi pada seluruh barang secara langsung, yaitu “Terima Seluruh Barang” atau “Tolak Seluruh Barang”.
        • Terima Seluruh Barang : Seluruh barang 100% diterima dalam kondisi baik
        • Tolak Seluruh Barang : Seluruh barang 100% diterima dalam kondisi rusak/tidak sesuai

Apakah artikel ini cukup membantu?

Previous Fitur MDR pada Aplikasi Kasir Pintar
Next Import Detail Produk (Tipe Harga, Multi Satuan, Variant, Paket, Bahan Baku, IMEI)
Table of Contents