How Can We Help?

Bagaimana Cara Menghapus Akun Gmail dari Device?

You are here:
← All Topics

Sebagai pemilik bisnis, penting untuk mencegah potensi penyalahgunaan yang mungkin dilakukan oleh staf. Salah satu langkah yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuat email khusus untuk perangkat (HP/Tab/PC) yang digunakan oleh staf dalam mencatat transaksi di toko Anda.

Contoh Kasus:

Pak Andi, pemilik toko “Maju Jaya”, menggunakan aplikasi Kasir Pintar dengan email majujaya@gmail.com sebagai akun “Owner”. Email ini tidak disarankan untuk digunakan pada perangkat yang dioperasikan oleh staf di toko. Mengapa demikian?
Jika staf memiliki akses ke email pemilik (owner), mereka berpotensi melakukan perubahan data di aplikasi Kasir Pintar, seperti mengubah harga, menghapus transaksi, atau bahkan mengakses laporan yang seharusnya bersifat rahasia.

Solusi: Untuk menjaga keamanan data, Pak Andi dapat membuat akun email baru khusus untuk perangkat yang digunakan oleh staf. Misalnya, kasir.majujaya@gmail.com. Hal ini dapat meningkatkan keamanan dan meminimalkan risiko penyalahgunaan.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  1. Buat akun email baru khusus untuk perangkat yang digunakan oleh staf.
  2. Hubungkan akun email baru tersebut ke aplikasi Kasir Pintar di perangkat staf.
  3. Hapus akun email pemilik (owner) dari perangkat yang digunakan oleh staf.

Untuk menghapus akun Gmail dari perangkat yang digunakan oleh staf. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Gmail di device atau perangkat yang Anda gunakan


  2. Klik gambar foto profil yang berada di bagian kanan atas halaman


  3. Pilih opsi “Kelola akun di perangkat ini”


  4. Pilih dan klik akun Gmail yang ingin dihapus


  5. Pilih tombol Hapus Akun untuk menghapus akun Gmail yang telah dipilih


  6. Akun Gmail tersebut berhasil terhapus dari device Anda.


Alternatif Solusi

Anda juga dapat mempertimbangkan solusi lain dari contoh case di atas dengan membuat akun staf di aplikasi Kasir Pintar. Fitur ini memungkinkan setiap staf memiliki akun yang sesuai dengan peran mereka, seperti administrator, manajer, atau kasir.

Dengan cara ini, akses fitur yang diberikan kepada staf dapat disesuaikan berdasarkan peran masing-masing. Staf kemudian akan login ke aplikasi Kasir Pintar menggunakan akun staf yang sudah dibuat, lengkap dengan email dan password yang Anda tetapkan, sehingga keamanan dan kontrol akses lebih terjaga.

Lihat informasi selengkapnya melalui panduan berikut:

Selamat mencoba!

Apakah artikel ini cukup membantu?

Table of Contents

Proudly powered by WordPress