How Can We Help?

Cara Menerima Pesanan Olshopin di Kasir Pintar Android

You are here:
← All Topics

Halo, Sobat Kaspin!

Apakah Anda sudah mengenal situs jual beli online Olshopin? Jika belum, Karis akan membantu Anda memahami secara umum apa itu Olshopin sebelum kita masuk ke topik tutorial ini.

Apa itu Olshopin?

Olshopin adalah platform jual beli online yang dikembangkan oleh Kasir Pintar untuk memudahkan penjual dan pembeli bertransaksi secara online. Platform ini terintegrasi dengan aplikasi Kasir Pintar, sehingga stok barang yang terjual di Olshopin secara otomatis juga akan berkurang di aplikasi Kasir Pintar yang digunakan oleh penjual. Dengan integrasi ini, maka pengelolaan manajemen stok barang menjadi lebih terupdate.

Setelah memahami gambaran tentang situs Olshopin, mari kita kembali ke topik yang akan dibahas dalam artikel ini. Artikel ini akan menjelaskan cara penjual menerima pesanan di Olshopin, baik pesanan COD maupun Non-COD.

1. Terima Pesanan COD

Pesanan COD adalah jenis pesanan di mana pembayaran dilakukan secara tunai saat barang telah sampai di tangan pembeli. Dalam proses ini, pembeli membayar langsung kepada penjual saat mengambil barang di lokasi yang telah disepakati sebelumnya. Metode pembayaran COD memungkinkan pembeli untuk memeriksa barang terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran.

Berikut adalah cara menerima pesanan COD dari Olshopin menggunakan aplikasi Kasir Pintar Android (Free dan Pro) :

  1. Buka aplikasi Kasir Pintar Free atau Kasir Pintar Pro yang Anda gunakan.
  2. Klik ikon garis tiga di bagian pojok kiri atas untuk membuka menu sidebar


  3. Setelah sidebar terbuka, pilih menu Toko Online Saya


  4. Masuk ke tab “Pesanan”, lalu pilih pesanan yang perlu dikonfirmasi. Pesanan yang membutuhkan konfirmasi akan ditandai dengan status “Menunggu Konfirmasi”. Setelah itu, klik pesanan tersebut untuk membuka detail pesanan dan melakukan konfirmasi.


  5. Pada halaman berikut, Anda dapat melihat detail pesanan pembeli dan mengonfirmasinya dengan cara klik tombol Terima


    Setelah itu, status pesanan tersebut akan berubah menjadi “Pesanan Diproses


  6. Setelah Anda memproses pesanan, kirimkan barang secara COD ke pembeli sesuai dengan alamat yang telah disepakati. Setelah barang dikirim, tunggu hingga pembeli mengonfirmasi kedatangan pesanan.
    Berikut ini adalah contoh tampilan yang akan muncul di akun Olshopin pembeli saat akan mengonfirmasi kedatangan barang



    Berikut ini adalah contoh tampilan yang muncul di akun Olshopin pembeli saat ia mengonfirmasi kedatangan barang dengan memilih opsi “Kedatangan Pesanan”, yang mana akan mengubah status pesanan menjadi “Diterima”


  7. Setelah pembeli mengonfirmasi kedatangan pesanan, buka detail pesanan terkait pada aplikasi Kasir Pintar Android yang Anda gunakan. Periksa bahwa status pesanan tersebut sudah berubah menjadi “Diterima”



  8. Terakhir, klik tombol “Pesanan Selesai” untuk menyelesaikan pesanan, yang akan mengubah status pesanan menjadi “Selesai”


    Berikut merupakan contoh tampilan ketika status pesanan telah berubah menjadi “Selesai


1.1 Video Tutorial “Terima Pesanan COD”

Tutorial Menerima Pesanan COD (Olshopin)




2. Terima Pesanan Non-COD

Pesanan Non-COD adalah pesanan dengan metode pembayaran yang harus diselesaikan sebelum barang dikirim ke alamat pembeli. Saat ini, metode pembayaran yang tersedia untuk pesanan Non-COD di Olshopin adalah Transfer Bank/E-wallet, dan QRIS. Untuk menggunakan opsi pembayaran tersebut, Anda perlu mengaktifkan dan mengatur layanan pembayaran Transfer Bank/E-wallet atau QRIS terlebih dahulu.

Berikut merupakan cara untuk menerima pesanan Non-COD dari Olshopin di aplikasi Kasir Pintar Android (Free dan Pro) :

  1. Buka aplikasi Kasir Pintar Free atau Kasir Pintar Pro yang Anda gunakan.
  2. Klik ikon garis tiga di bagian pojok kiri atas untuk membuka menu sidebar


  3. Setelah sidebar terbuka, pilih menu Toko Online Saya


  4. Masuk ke tab “Pesanan”, kemudian pilih pesanan yang telah dibayar oleh pembeli dan siap untuk diproses, yang ditandai dengan status “Menunggu Konfirmasi”. Selanjutnya, klik pesanan tersebut untuk melihat detail pesanan dan melakukan konfirmasi.
    *Perlu diketahui bahwa pesanan dengan status “Belum Bayar” tidak dapat diproses hingga pembeli melakukan pembayaran.



  5. Di halaman ini, Anda dapat mengonfirmasi bukti transfer pembayaran yang telah dikirimkan oleh pembeli dengan cara klik ikon download yang terletak di samping kata “Bukti”.
    Setelah Anda mengonfirmasi bukti pembayaran yang valid, lanjutkan dengan melakukan konfirmasi pesanan dengan cara klik tombol “Terima” pada pesanan yang statusnya “Menunggu Konfirmasi”. Dengan begitu, status pesanan akan berubah menjadi “Pesanan Diproses”.



  6. Setelah Anda memproses pesanan, kirimkan barang sesuai dengan ekspedisi yang dipilih oleh pembeli. Setelah Anda menyerahkan barang kepada jasa ekspedisi, lanjutkan dengan mengklik tombol “Kirim Pesanan” pada pesanan tersebut


  7. Masukkan nomor resi dari pesanan tersebut, lalu klik tombol Simpan. Dengan begitu, maka status pesanan akan berubah menjadi “Dikirim”.


  8. Setelah barang dikirim, tunggu hingga pembeli mengonfirmasi kedatangan pesanan.
    Berikut ini adalah contoh tampilan yang akan muncul di akun Olshopin pembeli saat akan mengonfirmasi kedatangan barang


    Berikut ini adalah contoh tampilan yang akan muncul di akun Olshopin pembeli saat ia mengonfirmasi kedatangan barang dengan memilih opsi “Kedatangan Pesanan”, yang mana akan mengubah status pesanan menjadi “Diterima”.


  9. Setelah pembeli mengonfirmasi kedatangan pesanan, buka detail pesanan terkait pada aplikasi Kasir Pintar Android yang Anda gunakan. Periksa bahwa status pesanan tersebut sudah berubah menjadi “Diterima”


  10. Terakhir, klik tombol “Pesanan Selesai” untuk menyelesaikan pesanan, yang akan mengubah status pesanan menjadi “Selesai”.

Selamat Mencoba!

2.1 Video Tutorial “Terima Pesanan Non-COD”

Tutorial Menerima Pesanan Non-COD (Olshopin)


Artikel Terkait

Apakah artikel ini cukup membantu?

Table of Contents

Proudly powered by WordPress