How Can We Help?

Cara Melakukan Pemesanan Melalui Fitur QR Meja

You are here:
← All Topics

Fitur QR Meja dari Plugin Food Menu memungkinkan pembeli memesan menu dengan cepat dan praktis melalui scan QR di meja.

QR Meja bersifat statis, yang berarti satu QR code bisa di scan oleh banyak pembeli, setiap pembeli yang datang bisa menggunakan QR code yang sama untuk melakukan pemesanan dengan mudah.

Tutorial ini ditujukan untuk “pembeli” yang ingin memesan menu dengan cara scan QR meja. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Pembeli datang ke restoran dan mencari meja yang diinginkan


  2. Setelah menemukan meja, pembeli scan QR code yang terpajang di atas meja

  3. Setelah scan QR Code, pembeli diminta untuk memasukkan informasi “Nama” dan “Jumlah orang”
    • Isilah kolom Nama dengan nama Anda sebagai pembeli
    • Isilah kolom Jumlah orang dengan jumlah orang yang datang bersama Anda
    • Kolom Meja akan otomatis terisi sesuai dengan nama atau angka QR meja yang di scan

  4. Setelah semua terisi, klik tombol Buat Pesanan Baru


  5. Selanjutnya, pembeli dapat memilih menu yang ingin dipesan. Gunakan fitur kolom pencarian atau filter kategori untuk mempermudah menemukan menu yang diinginkan


    Pembeli dapat menambahkan menu ke dalam keranjang dengan mengklik tombol Tambah yang terdapat pada setiap card menu



  6. Pada halaman detail menu, pembeli memiliki beberapa opsi tindakan untuk menyesuaikan pesanan sebelum dimasukkan ke dalam keranjang. Beberapa opsi tersebut antara lain:
    • Catatan: Opsi ini berguna jika pembeli ingin menambahkan catatan tambahan pada menu yang akan dipesan, seperti “gula sedikit,” “sangat pedas,” dan sebagainya


    • Atur jumlah barang: Opsi ini digunakan untuk mengatur jumlah barang yang akan dipesan. Pembeli dapat menambah jumlah barang dengan menekan tombol plus (+) dan mengurangi jumlah barang dengan menekan tombol minus (-)


  7. Setelah itu, klik tombol Tambah ke Keranjang untuk menyimpan menu yang telah dipilih ke dalam keranjang pesanan.
    *Untuk menambahkan menu lain, ikuti langkah yang sama seperti step ke-5


  8. Setelah memilih semua menu yang ingin dipesan, lanjutkan dengan mengklik tombol yang menampilkan icon keranjang


  9. Di halaman keranjang, pembeli dapat mengubah detail pesanan sebelum melanjutkan ke proses checkout. Pembeli dapat memilih opsi berikut jika diperlukan:
    • Icon tempat sampah
      Digunakan untuk menghapus menu yang telah dipilih.
    • Tombol atur jumlah menu (+ -)
      Digunakan untuk mengatur jumlah menu yang ingin dipesan. Klik tombol plus (+) untuk menambah jumlah menu atau klik tombol minus (-) untuk mengurangi jumlah menu.
    • Edit Pesanan
      Digunakan untuk mengubah catatan dan jumlah (qty) menu yang dipilih.
    • Tombol “Tambah”
      Digunakan untuk menambahkan menu lain ke dalam keranjang.


  10. Setelah melakukan penyesuaian di halaman keranjang, klik tombol Pesan agar pesanan Anda dapat diproses oleh penjual


  11. Pesanan Anda sekarang berstatus “Sedang Diperiksa”, yang artinya menunggu persetujuan dari penjual. Untuk mengetahui mode pembayaran restoran, Anda bisa bertanya langsung kepada penjual atau melihat petunjuk berikut:
    • Bayar Sekarang
      Jika kedai atau restoran menerapkan mode “Bayar Sekarang”, Anda akan Anda akan diminta untuk membayar di kasir sesuai petunjuk pada pop up berikut. Silahkan “menuju ke kasir” untuk melakukan pembayaran


      • Setelah melakukan pembayaran di kasir, klik tombol Cek Status Pesanan untuk melihat apakah pesanan Anda sudah diterima oleh penjual


      • Jika status telah berubah menjadi “Pesanan Diterima”, klik tombol Konfirmasi Pembayaran untuk mengonfirmasi pembayaran Anda
        *Catatan: “Pesanan Diterima” berarti pesanan sedang diproses oleh penjual.


    • Bayar Nanti
      Jika kedai atau restoran menerapkan mode “Bayar Nanti”, tunggu konfirmasi pesanan dari penjual. Periksa status pesanan secara berkala dengan mengklik tombol Cek Status Pesanan untuk memastikan apakah pesanan Anda telah diterima oleh penjual


      • Setelah status berubah menjadi “Pesanan Diterima” artinya pesanan sedang diproses oleh penjual. Selanjutnya, nikmati hidangan Anda dan silahkan menuju ke kasir untuk melakukan pembayaran setelahnya


      • Setelah melakukan pembayaran di kasir, klik tombol Konfirmasi Pembayaran untuk mengonfirmasi pembayaran Anda


  12. Jika pembayaran berhasil dilakukan, silakan refresh halaman web tersebut. Anda akan menerima struk online seperti contoh berikut ini.
    • Di bagian bawah struk online, Anda dapat memberikan “penilaian dan ulasan” untuk restoran yang dikunjungi.
    • Setelah memberikan penilaian, klik tombol Kirim Ulasan untuk mengirimnya kepada penjual

Selamat Mencoba!

Artikel Terkait

Video Tutorial

Cara Melakukan Pemesanan via QR Meja

Apakah artikel ini cukup membantu?

Table of Contents

Proudly powered by WordPress