How Can We Help?

Cara Menambah Data Pelanggan

You are here:
← All Topics

Fitur Manajemen Pelanggan memudahkan Anda dalam mengelola data pelanggan, terutama jika Anda memiliki banyak pelanggan tetap. Fitur ini tidak hanya membantu ketika mengelola data pelanggan yang bertransaksi, tetapi juga memungkinkan Anda memanfaatkan data tersebut untuk menyimpan poin pelanggan.

Fitur Manajemen Pelanggan dapat diakses melalui Website Kasir Pintar, aplikasi Kasir Pintar Free, aplikasi Kasir Pintar Pro, dan aplikasi Kasir Pintar Dashboard. Berikut adalah syarat untuk mengakses fitur Manajemen Pelanggan pada akun Anda:

  1. Berlangganan Kasir Pintar Pro untuk mengakses fitur ini melalui website Kasir Pintar.
  2. Berlangganan Kasir Pintar Pro untuk mengakses fitur ini melalui aplikasi Kasir Pintar Pro.
  3. Berlangganan Kasir Pintar Pro + Plugin Bisnis untuk mengakses fitur ini melalui aplikasi Kasir Pintar Dashboard (iOS).
  4. Berlangganan Kasir Pintar Pro + Plugin Desktop untuk mengakses fitur ini melalui aplikasi Kasir Pintar Dashboard (Desktop).

Berikut adalah cara menambahkan data pelanggan di aplikasi dan website/back office Kasir Pintar:

1. Website / Back Office

Cara Menambahkan Data Pelanggan Secara Manual

Berikut adalah cara menambahkan data pelanggan di website/back office Kasir Pintar:

  1. Login ke website / back office Kasir Pintar dengan menggunakan akun yang sudah terdaftar.


  2. Setelah berhasil login, klik menu Database, lalu pilih Pelanggan dan Supplier, dan selanjutnya pilih Pelanggan pada sidebar.


  3. Klik tombol Tambah Pelanggan untuk menambahkan pelanggan baru secara manual.


  4. Lengkapi formulir Tambah Pelanggan dengan cara mengisi semua kolom yang ditampilkan. Selanjutnya, klik tombol Tambah untuk menyimpan semua data pelanggan baru yang sudah diisi dengan lengkap. Berikut merupakan penjelasan dari masing-masing kolom yang ada:

    • Nama Lengkap: Kolom ini digunakan untuk mengisi nama pelanggan yang telah melakukan transaksi.
    • No. HP: Kolom ini digunakan untuk mengisi nomor hp yang dimiliki oleh pelanggan.
    • Kode: Kolom ini digunakan untuk mengisi kode pelanggan sehingga memudahkan Anda dalam mencari data pelanggan di waktu berikutnya. Kolom kode hanya bisa diisi dengan akun yang berstatus akun bisnis. (Plugin Bisnis)
    • Point: Kolom ini digunakan untuk mengisi poin awal yang dimiliki oleh pelanggan baru dan otomatis terisi dengan angka poin yang sudah diatur sebelumnya. Kolom point hanya bisa diisi dengan akun yang berstatus akun bisnis (Plugin Bisnis).
      Jika Anda ingin mengubah atau mengelola poin awal bagi pelanggan baru, Anda dapat mengaturnya terlebih dahulu dengan mengikuti langkah-langkah berikut :
      • Pastikan Anda sudah berada di halaman Database > Pelanggan.

      • Klik kolom Set Poin Awal dan masukkan angka sesuai dengan kebutuhan Anda. Lalu, klik tombol Set Poin.

      • Selanjutnya, sistem akan menampilkan notifikasi berhasil set poin awal seperti pada gambar berikut.


    • Alamat: Kolom ini digunakan untuk mengisi alamat dari pelanggan baru.
    • Email: Kolom ini digunakan untuk mengisi email dari pelanggan baru.

  5. Jika data pelanggan baru sudah berhasil tersimpan, sistem akan menampilkan notifikasi seperti pada tampilan berikut.



    Selain itu, data pelanggan baru yang Anda tambahkan juga akan muncul di halaman daftar pelanggan.


2. Kasir Pintar Free

Terdapat dua cara untuk menambahkan data pelanggan Anda. Berikut merupakan panduan fitur tambah data pelanggan baru melalui aplikasi Kasir Pintar Free :

Cara Menambah Data Pelanggan Secara Manual

Berikut merupakan cara menambah data pelanggan secara manual :

  1. Klik ikon garis tiga untuk membuka menu sidebar.


  2. Pilih menu Manajemen.


    Pilih submenu Pelanggan.


  3. Klik ikon (+) untuk menambahkan data pelanggan baru.


  4. Klik tombol Tambahkan Manual Pelanggan.


  5. Lengkapi data pelanggan dengan mengisi semua kolom yang disediakan. Berikut penjelasan dari kolom data pelanggan yang harus diisi :

    • Nama : Kolom ini digunakan untuk mengisi nama dari pelanggan baru.
    • Email : Kolom ini digunakan untuk mengisi email aktif dari pelanggan baru.
    • Telepon : Kolom ini digunakan untuk mengisi nomor telepon dari
    • Alamat : Kolom ini digunakan untuk mengisi alamat dari pelanggan baru.

  6. Setelah selesai melengkapi semua kolom yang dibutuhkan, klik tombol Simpan.



    Jika data pelanggan baru berhasil tersimpan, maka nama pelanggan tersebut akan tampil di halaman daftar pelanggan seperti pada contoh berikut.

Cara Menambah Data Pelanggan dari Kontak

Cara ini dapat digunakan jika nomor telepon pelanggan telah tersimpan di kontak HP Anda. Berikut merupakan cara menambah data pelanggan dari kontak :

  1. Klik ikon garis tiga untuk membuka menu sidebar.


  2. Pilih menu Manajemen.



    Pilih submenu Pelanggan .


  3. Klik ikon (+) untuk menambahkan data pelanggan baru.


  4. Pilih nama pelanggan yang nomornya telah tersimpan di kontak HP Anda.


  5. Lengkapi kolom yang belum terisi. Setelah selesai, klik tombol Simpan.


  6. Jika data pelanggan baru berhasil tersimpan, maka nama pelanggan tersebut akan tampil di halaman daftar pelanggan seperti pada contoh berikut.


3. Kasir Pintar Pro

Terdapat dua cara untuk menambahkan data pelanggan Anda. Berikut merupakan panduan fitur tambah data pelanggan baru melalui aplikasi Kasir Pintar Pro :

Cara Menambah Data Pelanggan Secara Manual

Berikut merupakan cara menambah data pelanggan secara manual :

  1. Klik ikon garis tiga di sebelah pojok kanan atas untuk membuka menu sidebar.


  2. Pilih Menu Manajemen.


  3. Pilih Sub menu Pelanggan dan Supplier.


  4. Pilih opsi menu Pelanggan.


  5. Selanjutnya, klik tombol Manual berwarna hijau di bagian bawah untuk menambahkan data pelanggan baru secara manual.


  6. Lengkapi data pelanggan dengan mengisi semua kolom yang disediakan. Berikut penjelasan dari kolom data pelanggan yang harus diisi :

    • Nama Panggilan : Kolom ini digunakan untuk mengisi nama dari pelanggan baru.

    • Poin : Kolom ini otomatis terisi dengan angka poin yang sudah diatur melalui fitur set poin yang berada di menu Marketing > Loyalty poin.

    • Kode Pelanggan : Kolom ini digunakan untuk memberikan kode pelanggan berupa kombinasi angka dan huruf pada pelanggan baru.

    • Email : Kolom ini digunakan untuk mengisi email aktif dari pelanggan baru dan tidak wajib diisi. Jika Anda tidak mengisi kolom ini, maka akan terisi secara otomatis melalui sistem.

    • Telepon : Kolom ini digunakan untuk mengisi nomor telepon dari pelanggan baru.

    • Alamat : Kolom ini digunakan untuk mengisi alamat dari pelanggan baru.

  7. Setelah selesai menginput seluruh informasi terkait data pelanggan baru, klik tombol Simpan.


  8. Jika data pelanggan telah tersimpan, maka nama pelanggan tersebut akan muncul di halaman daftar pelanggan.


Cara Menambah Data Pelanggan dari Kontak

Panduan ini dapat digunakan jika nomor telepon pelanggan telah tersimpan di kontak HP Anda. Berikut merupakan cara menambah data pelanggan dari kontak:

  1. Klik ikon garis tiga yang ada di pojok kanan atas untuk membuka menu sidebar.


  2. Pilih Menu Manajemen.


  3. Pilih Sub menu Pelanggan dan Supplier


  4. Pilih opsi menu Pelanggan


  5. Selanjutnya, klik tombol Dari Kontak berwarna kuning di bagian bawah untuk menambahkan data pelanggan baru dari kontak yang ada di hp Anda.


  6. Pilih nama pelanggan yang nomornya telah tersimpan di kontak HP Anda


  7. Setelah itu, lengkapi kolom lain yang belum terisi. Setelah selesai, klik tombol Simpan


  8. Jika data pelanggan baru telah tersimpan, maka nama pelanggan tersebut akan muncul di halaman daftar pelanggan.

4. Kasir Pintar Dashboard

Berikut adalah panduan cara menambahkan data pelanggan melalui Aplikasi Kasir Pintar Dashboard (iOS) dan Kasir Pintar Dahboard (Desktop):

1. Kasir Pintar Dashboard (iOS)

Terdapat dua cara untuk menambahkan data pelanggan Anda. Berikut merupakan panduan fitur tambah data pelanggan baru melalui aplikasi Kasir Pintar Dashboard (iOS):

Cara Menambah Data Pelanggan Secara Manual

Berikut merupakan cara menambah data pelanggan secara manual :

  1. Klik ikon garis tiga yang berada di kanan pojok atas untuk membuka menu sidebar.


  2. Pilih menu Manajemen.



    Pilih submenu Pelanggan dan Supplier.


  3. Pilih opsi menu Pelanggan.


  4. Klik Tambah Pelanggan di bagian bawah untuk menambahkan data pelanggan baru.


  5. Selanjutnya, klik tombol Tambahkan Pelanggan Manual.


  6. Lengkapi data pelanggan dengan mengisi semua kolom yang disediakan. Berikut penjelasan dari kolom data pelanggan yang harus diisi :

    • Nama Panggilan : Kolom ini digunakan untuk mengisi nama dari pelanggan baru.

    • Poin : Kolom ini otomatis terisi dengan angka poin yang sudah diatur melalui fitur set poin yang berada di menu Marketing > Loyalty poin.

    • Kode Pelanggan : Kolom ini digunakan untuk memberikan kode pelanggan berupa kombinasi angka dan huruf pada pelanggan baru.

    • Email : Kolom ini digunakan untuk mengisi email aktif dari pelanggan baru dan tidak wajib diisi. Jika Anda tidak mengisi kolom ini, maka akan terisi secara otomatis melalui sistem.

    • Telepon : Kolom ini digunakan untuk mengisi nomor telepon dari pelanggan baru.

    • Alamat : Kolom ini digunakan untuk mengisi alamat dari pelanggan baru.

  7. Setelah selesai menginput seluruh informasi terkait data pelanggan baru, klik tombol Simpan.


  8. Jika data pelanggan baru berhasil tersimpan, maka nama pelanggan tersebut akan tampil di halaman daftar pelanggan seperti pada contoh berikut.

Cara Menambah Data Pelanggan dari Kontak

Cara ini dapat digunakan jika nomor telepon pelanggan telah tersimpan di kontak HP Anda. Berikut merupakan cara menambah data pelanggan dari kontak :

  1. Klik ikon garis tiga yang berada di kanan pojok atas untuk membuka menu sidebar.


  2. Pilih menu Manajemen.



    Pilih submenu Pelanggan dan Supplier.

  3. Pilih opsi menu Pelanggan.


  4. Klik Tambah Pelanggan di bagian bawah untuk menambahkan data pelanggan baru.


  5. Bagi Anda yang belum pernah menambahkan data pelanggan dari kontak yang ada di smartphone, maka akan tampil notifikasi perizinan seperti pada gambar berikut. Kemudian klik tombol izinkan.


  6. Pilih Nama Pelanggan yang nomornya telah tersimpan di kontak HP Anda.


  7. Lengkapi kolom yang belum terisi. Setelah selesai, klik tombol Simpan.


  8. Jika data pelanggan baru berhasil tersimpan, maka nama pelanggan tersebut akan tampil di halaman daftar pelanggan seperti pada contoh berikut.


2. Kasir Pintar (Desktop)

Cara Menambah Data Pelanggan Secara Manual

Berikut merupakan cara menambah data pelanggan secara manual:

  1. Klik ikon garis tiga di sebelah pojok kanan atas untuk membuka menu sidebar.


  2. Pilih Menu Manajemen.



    Pilih submenu Pelanggan dan Supplier.


  3. Pilih opsi menu Pelanggan.


  4. Klik Tambah Pelanggan di bagian  bawah untuk menambahkan data pelanggan baru.


  5. Lengkapi data pelanggan dengan mengisi semua kolom yang disediakan. Berikut penjelasan dari kolom data pelanggan yang harus diisi:


    • Nama Panggilan: Kolom ini digunakan untuk mengisi nama dari pelanggan baru.
    • Poin: Kolom ini otomatis terisi dengan angka poin yang sudah diatur melalui fitur set poin yang berada di menu Marketing > Loyalty poin.
    • Kode Pelanggan: Kolom ini digunakan untuk memberikan kode pelanggan berupa kombinasi angka dan huruf pada pelanggan baru.
    • Email: Kolom ini digunakan untuk mengisi email aktif dari pelanggan baru dan tidak wajib diisi. Jika Anda tidak mengisi kolom ini, maka akan terisi secara otomatis melalui sistem.
    • Telepon: Kolom ini digunakan untuk mengisi nomor telepon dari pelanggan baru.
    • Alamat : Kolom ini digunakan untuk mengisi alamat dari pelanggan baru.

  6. Setelah selesai menginput seluruh informasi terkait data pelanggan baru, klik tombol Simpan.


  7. Jika data pelanggan baru berhasil tersimpan, maka nama pelanggan tersebut akan tampil di halaman daftar pelanggan seperti pada contoh berikut.


Selamat Mencoba!

Apakah artikel ini cukup membantu?

Table of Contents

Proudly powered by WordPress