How Can We Help?

Bagaimana Cara Transaksi Konsinyasi untuk Pihak Penitip Barang?

You are here:
← All Topics

Transaksi konsinyasi atau transaksi dengan sistem titip barang merupakan sebuah bentuk kerjasama yang dilakukan oleh pihak pemilik barang yang menitipkan barang dagangannya kepada pihak pemilik toko untuk dijual.

Sebagai pihak penitip barang, Anda dapat melakukan transaksi konsinyasi menggunakan aplikasi Kasir Pintar dengan memanfaatkan fitur Manajemen Pelanggan, Manajemen BarangPenjualan Barang, dan Retur Pembelian Barang.

Contoh : Anda selaku supplier kue akan menitipkan kue bolu sebanyak 10 bungkus kepada Keysa selaku pemilik Toko Serba Ada untuk titip jual di toko tersebut. Berikut merupakan cara melakukan transaksi dengan sistem konsinyasi seperti pada contoh diatas:

1. Buat Data Pelanggan Konsinyasi

Buat data pelanggan sebagai pihak penerima barang konsinyasi menggunakan fitur Manajemen Pelanggan. Hal ini dilakukan untuk memudahkan Anda mengidentifikasi pihak penerima barang konsinyasi

  1. Pilih Menu Manajemen pada halaman sidebar
  2. Pilih Sub menu Pelanggan dan Supplier > Pelanggan untuk mengatur dan membuat data pelanggan

  3. Pilih icon tambah untuk menambahkan data pelanggan baru
  4. Terdapat 2 cara untuk menambahkan data pelanggan baru :
    1. Tambah Pelanggan Manual
      • Pilih tombol Tambah Pelanggan Manual
      • Masukkan data pelanggan selaku pihak penerima barang konsinyasi pada form berikut
      • Pilih tombol Simpan untuk menyimpan data supplier yang telah ditambahkan
    2. Tambah Pelanggan Melalui Kontak
      • Opsi ini digunakan jika sebelumnya Anda telah menyimpan nomor telepon pelanggan di kontak handphone. Anda dapat langsung mencari kontak pelanggan tersebut pada kolom pencarian
      • Lengkapi data pelanggan selaku pihak penerima barang konsinyasi, lalu klik tombol Simpan untuk menyimpan data pelanggan yang telah ditambahkan
  5. Data pelanggan konsinyasi berhasil ditambahkan

2. Buat Data Barang Konsinyasi

Buat data barang yang akan Anda titipkan kepada pihak toko tersebut menggunakan fitur Manajamen Barang atau Jasa

  1. Pilih Menu Manajemen pada halaman sidebar
  2. Pilih Sub menu Barang atau Jasa
  3. Klik tombol Tambah Barang untuk menambahkan barang baru
  4. Masukkan data barang konsinyasi pada form Tambah Barang. Disini kami akan menambahkan Kue Bolu sebagai contoh barang konsinyasi
  5. Klik tombol Simpan untuk menyimpan data barang yang telah ditambahkan
  6. Data barang konsinyasi berhasil ditambahkan

4.  Penjualan Barang Konsinyasi

Anda dapat melakukan transaksi penjualan barang konsinyasi sesuai dengan barang yang Anda titipkan kepada pihak toko dengan menggunakan fitur Transaksi Penjualan

  1. Pilih Menu Transaksi Penjualan pada halaman sidebar
  2. Pilih dan atur jumlah barang yang akan ditransaksikan, lalu klik tombol Lanjut untuk melanjutkan proses transaksi penjualan. Misalnya Anda akan menitipkan 10 kue bolu kepada pihak toko, maka atur 10 jumlah barang pada transaksi penjualan
  3. Klik tombol Bayar untuk menuju ke halaman pembayaran
  4. Lakukan pengisian pada form pembayaran sesuai dengan kebutuhan Anda. Apabila pembayaran dilakukan secara piutang, maka silahkan centang kolom Piutang. Anda dapat menyesuaikan pembayaran sesuai kebutuhan dan kesepakatan bersama pihak toko konsinyasi
  5. Pilih icon centang untuk menyelesaikan transaksi penjualan
  6. Transaksi penjualan barang konsinyasi telah berhasil dilakukan

5. Retur Barang Konsinyasi

Apabila barang konsinyasi (barang yang Anda dititipkan) tidak laku/tidak habis terjual, maka Anda akan menerima retur barang dari pihak toko. Anda dapat mencatat proses retur tersebut menggunakan fitur Retur Penjualan Barang.

  1. Pilih Menu Laporan pada halaman sidebar
  2. Pilih Sub menu Laporan Transaksi Penjualan
  3. Pilih Jenis laporan transaksi penjualan yang dibutuhkan
  4. Pilih transaksi yang akan diretur
  5. Pilih icon titik tiga pada halaman struk untuk memilih opsi Edit atau Retur
  6. Pilih opsi Edit atau Retur untuk melakukan retur barang konsinyasi
  7. Masukkan Alasan pihak toko meretur barang tersebut, lalu klik item barang yang akan dikembalikan hingga muncul dialog detail barang
  8. Kurangi jumlah barang sesuai jumlah yang dikembalikan
  9. Klik icon panah pada bagian pojok kanan atas untuk melanjutkan proses retur barang
  10. Anda dapat menambahkan diskon/pajak/keterangan pada halaman berikut. Jika tidak ingin mengubahnya, maka Anda dapat langsung menekan icon centang untuk menyelesaikan proses retur barang
  11. Proses retur barang konsinyasi telah berhasil dilakukan
  12. Berikut merupakan tampilan struk retur penjualan, terdapat informasi jumlah barang yang diretur dan nominal uang yang dikembalikan ke pihak toko

Catatan

Jika Anda ingin melihat laporan penjualan barang konsinyasi secara mudah, maka Anda dapat membuat nama pelanggan konsinyasi melalui fitur Kategori barang. Apabila Anda melakukan cara ini (Nama pelanggan dibuat menjadi Kategori barang), maka Anda dapat melihat laporan tersebut melalui Sub menu Laporan Penjualan per Barang > Laporan Penjualan per Kategori > Lihat Keuntungan & Pendapatan berdasarkan kategori yang berisikan nama pelanggan tersebut.

Selamat Mencoba!

Baca Juga Artikel Lainnya :

Apakah artikel ini cukup membantu?

Previous Bagaimana Cara Transaksi Konsinyasi untuk Pihak Penerima Barang?
Next Bagaimana Jika Saya Memiliki Perhitungan Bahan Baku Tertentu?
Table of Contents