How Can We Help?

Bagaimana Cara Transaksi Konsinyasi untuk Pihak Penerima Barang?

You are here:
← All Topics

Transaksi konsinyasi atau transaksi dengan sistem titip barang merupakan sebuah bentuk kerjasama yang dilakukan oleh pihak pemilik barang yang menitipkan barang dagangannya kepada pihak pemilik toko untuk dijual.

Sebagai pihak penerima barang titipan, Anda dapat melakukan transaksi konsinyasi menggunakan aplikasi Kasir Pintar dengan memanfaatkan fitur Manajemen Supplier, Manajemen Barang, Pembelian Barang, Penjualan Barang, dan Retur Pembelian Barang.

Contoh : Supplier Snack Bizz akan menitipkan makaroni 10 bungkus kepada Anda selaku pihak toko (Seller) untuk dijual di toko tersebut. Berikut merupakan cara melakukan transaksi dengan sistem konsinyasi seperti pada contoh diatas:

1. Buat Data Supplier Konsinyasi

Buat data supplier yang menitipkan barangnya kepada Anda menggunakan fitur Manajemen Supplier. Hal ini dilakukan untuk memudahkan Anda mengidentifikasi supplier yang melakukan sistem konsinyasi

  1. Pilih Menu Manajemen pada halaman sidebar
  2. Pilih Sub menu Pelanggan dan Supplier > Supplier untuk mengatur dan membuat data supplier

  3. Pilih icon tambah untuk menambahkan data supplier baru
  4. Terdapat 2 cara untuk menambahkan data supplier baru :
    1. Tambah Supplier Manual
      • Pilih tombol Tambah Supplier Manual
      • Masukkan data supplier yang melakukan konsinyasi pada form berikut
      • Pilih tombol Simpan untuk menyimpan data supplier yang telah ditambahkan
    2. Tambah Supplier Melalui Kontak
      • Opsi ini digunakan jika sebelumnya Anda telah menyimpan nomor telepon supplier di kontak handphone. Anda dapat langsung mencari kontak supplier tersebut pada kolom pencarian
      • Lengkapi data supplier yang melakukan konsinyasi, lalu klik tombol Simpan untuk menyimpan data supplier yang telah ditambahkan
  5. Data supplier konsinyasi berhasil ditambahkan

2. Buat Data Barang Konsinyasi

Buat data barang yang dititipkan oleh supplier tersebut menggunakan fitur Manajamen Barang atau Jasa

  1. Pilih Menu Manajemen pada halaman sidebar
  2. Pilih Sub menu Barang atau Jasa
  3. Klik tombol Tambah Barang untuk menambahkan barang baru
  4. Masukkan data barang konsinyasi pada form Tambah Barang. Disini kami akan menambahkan Makaroni Bizz Snack sebagai contoh barang konsinyasi
  5. Klik tombol Simpan untuk menyimpan data barang yang telah ditambahkan
  6. Data barang konsinyasi berhasil ditambahkan

3. Pembelian Barang Konsinyasi

Anda dapat mencatat transaksi pembelian barang konsinyasi yang diberikan oleh supplier melalui fitur Pembelian Barang

  1. Pilih Menu Manajamen pada halaman sidebar
  2. Pilih Sub menu Pembelian Barang untuk melakukan transaksi pembelian sesuai dengan barang yang dititipkan oleh supplier
  3. Pilih dan atur jumlah barang yang dititipkan oleh supplier dengan cara klik barang konsinyasi hingga muncul dialog Tambah stok seperti berikut. Misalnya supplier menitipkan makaroni 10 bungkus, maka masukkan 10 jumlah barang pada transaksi pembelian, lalu klik tombol Simpan
  4. Pilih tombol Lanjut untuk melanjutkan proses transaksi pembelian
  5. Pilih tombol Bayar untuk menuju ke halaman pembayaran
  6. Lakukan pengisian pada form pembayaran sesuai dengan kebutuhan Anda, setelah itu klik icon centang untuk menyelesaikan transaksi. Apabila pembayaran dilakukan secara hutang, maka silahkan centang kolom Hutang. Anda dapat menyesuaikan pembayaran sesuai kebutuhan dan kesepakatan bersama pihak supplier konsinyasi
  7. Transaksi pembelian barang konsinyasi telah berhasil dilakukan

4. Penjualan Barang Konsinyasi

Anda dapat melakukan penjualan barang konsinyasi kepada pelanggan dengan menggunakan fitur Transaksi Penjualan

  1. Pilih Menu Transaksi Penjualan pada halaman sidebar
  2. Pilih dan atur jumlah barang yang akan ditransaksikan, lalu klik tombol Lanjut untuk melanjutkan proses transaksi penjualan
  3. Klik tombol Bayar untuk menuju ke halaman pembayaran
  4. Selanjutnya isi form pembayaran sesuai yang Anda butuhkan. Masukkan nama pelanggan serta nominal yang dibayarkan oleh pelanggan tersebut
  5. Pilih icon centang untuk menyelesaikan transaksi penjualan
  6. Transaksi penjualan barang konsinyasi telah berhasil dilakukan

5. Retur Barang Konsinyasi

Apabila barang konsinyasi (barang yang dititipkan) tidak laku/tidak habis terjual, maka Anda dapat meretur barang tersebut menggunakan fitur Retur Pembelian Barang

  1. Pilih Menu Laporan pada halaman sidebar
  2. Pilih Sub menu Laporan Transaksi Pembelian
  3. Pilih Jenis laporan pembelian yang dibutuhkan
  4. Pilih transaksi yang akan diretur
  5. Pilih icon titik tiga pada halaman struk untuk memilih opsi Edit atau Retur
  6. Pilih opsi Edit atau Retur untuk melakukan retur barang konsinyasi
  7. Masukkan Alasan retur barang, lalu klik item barang yang akan dikembalikan hingga muncul dialog detail barang
  8. Kurangi jumlah barang sesuai jumlah yang dikembalikan
  9. Klik icon panah pada bagian pojok kanan atas untuk melanjutkan proses retur barang
  10. Anda dapat menambahkan diskon/pajak/keterangan pada halaman berikut. Jika tidak ingin mengubahnya, maka Anda dapat langsung menekan icon centang untuk menyelesaikan proses retur barang
  11. Proses retur barang konsinyasi telah berhasil dilakukan
  12. Berikut merupakan tampilan struk retur pembelian, terdapat informasi jumlah barang yang diretur dan nominal uang yang dikembalikan oleh supplier

Catatan :

Jika Anda ingin melihat laporan penjualan barang konsinyasi secara mudah, maka Anda dapat membuat nama supplier konsinyasi melalui fitur Kategori barang. Apabila Anda melakukan cara ini (Nama supplier dibuat menjadi Kategori barang), maka Anda dapat melihat laporan tersebut melalui Sub menu Laporan Penjualan per Barang > Laporan Penjualan per Kategori > Lihat Keuntungan & Pendapatan berdasarkan kategori yang berisikan nama supplier tersebut

Selamat Mencoba!

Baca Juga Artikel Lainnya :

Apakah artikel ini cukup membantu?

Previous Bagaimana Cara Menghubungkan Ulang Printer Bluetooth?
Next Bagaimana Cara Transaksi Konsinyasi untuk Pihak Penitip Barang?
Table of Contents