How Can We Help?

Bagaimana Cara Transaksi Konsinyasi untuk Pihak Penerima Barang?

You are here:
← All Topics

Transaksi konsinyasi atau transaksi dengan sistem titip barang merupakan sebuah bentuk kerjasama pihak pemilik barang yang menitipkan barang dagangannya kepada pihak penerima barang untuk di distribusikan kepada pelanggan.

Terdapat 2 pihak yang terlibat pada sistem penjualan konsinyasi, yaitu pemilik dan penerima barang:

  • Pihak penitip barang (pemilik barang) : Pihak yang memiliki atau menyediakan barang untuk dititipkan.
  • Pihak penerima barang (pemilik toko) : Pihak yang menerima barang titipan dan akan menjual barang tersebut kepada pelanggan.

Saat ini di aplikasi Kasir Pintar belum ada fitur transaksi konsinyasi barang. Namun, Anda selaku pihak penerima barang dapat memanfaatkan beberapa fitur seperti Manajemen Supplier, Manajemen Barang, Pembelian Barang, Penjualan Barang, Retur Barang, dan Pembayaran Hutang.

Contoh: Supplier Snack Bizz akan menitipkan makaroni 10 bungkus kepada Anda selaku pemilik toko (pihak penerima barang konsinyasi) untuk titip jual di toko tersebut. Berikut merupakan cara melakukan transaksi dengan sistem konsinyasi seperti pada contoh diatas:

1. Buat Data Supplier Konsinyasi

Silahkan buat data penitip barang konsinyasi menggunakan fitur Manajemen Supplier. Hal ini dapat mempermudah Anda untuk mengidentifikasi pihak penitip barang konsinyasi

  1. Pilih menu Manajemen pada halaman sidebar
  2. Pilih sub menu Pelanggan dan Supplier

    Pilih menu Supplier untuk mengatur data supplier di toko Anda
  3. Pilih tombol tambah untuk menambahkan data supplier baru
  4. Terdapat 2 cara untuk menambahkan data supplier baru. Anda dapat memilih salah satunya sesuai kebutuhan:
    1. Tambah Supplier Manual
      Pilihan ini digunakan jika Anda ingin menambahkan data supplier (pihak penitip barang) secara manual
      • Pilih tombol Tambah Supplier Manual
      • Masukkan data pihak penitip barang konsinyasi pada form berikut. Selanjutnya tap tombol Simpan untuk menyimpan data tersebut
    2. Tambah Supplier Melalui Kontak
      • Pilihan ini dapat digunakan apabila nomor telepon supplier (pihak penitip barang konsinyasi) telah tersimpan di kontak Anda. Silahkan cari nama kontak pada kolom pencarian berikut
      • Lengkapi data supplier (pihak penitip barang konsinyasi), lalu tap tombol Simpan untuk menyimpan data yang telah ditambahkan
  5. Data supplier atau pihak penitip barang konsinyasi berhasil ditambahkan


2. Buat Data Barang Konsinyasi

Silahkan buat data barang yang akan dititipkan oleh supplier tersebut menggunakan fitur Manajamen Barang atau Jasa. Hal ini dapat mempermudah Anda untuk mengidentifikasi barang konsinyasi

  1. Pilih menu Manajemen pada halaman sidebar
  2. Pilih sub menu Barang atau Jasa
  3. Tap tombol Tambah Barang untuk menambahkan data barang baru
  4. Masukkan data barang konsinyasi pada form Tambah Barang berikut. Disini kami menambahkan makaroni bizz snack sebagai contoh barang konsinyasi dengan jumlah stok barang 0. Selanjutnya tap tombol Simpan untuk menyimpan data barang tersebut. Kami rekomendasikan Anda untuk memasukkan stok barang melalui fitur transaksi pembelian pada step selanjutnya
  5. Data barang konsinyasi telah berhasil ditambahkan


3. Pembelian Barang Konsinyasi

Silahkan catat barang yang diberikan oleh supplier (pihak penitip barang) melalui fitur transaksi pembelian. Hal ini dilakukan untuk mempermudah Anda mengetahui jumlah stok barang yang masuk

  1. Pilih menu Manajamen pada halaman sidebar
  2. Pilih sub menu Pembelian Barang untuk melakukan transaksi pembelian sesuai barang yang dititipkan oleh supplier
  3. Tap nama barang konsinyasi hingga muncul pop up Tambah Stok, lalu atur jumlah barang yang dititipkan supplier. Setelah itu pilih tombol Simpan.
    Contoh: Supplier menitipkan 10 makaroni konsinyasi kepada Anda, maka masukkan 10 jumlah barang pada transaksi pembelian
  4. Pilih tombol Lanjut untuk melanjutkan proses transaksi pembelian
  5. Pilih tombol Bayar untuk menuju ke halaman pembayaran
  6. Lengkapi data pembayaran sesuai kebutuhan Anda. Apabila pembayaran dilakukan secara hutang, maka centang kolom Hutang seperti berikut. Anda dapat menyesuaikan pembayaran sesuai kebutuhan dan kesepakatan bersama pihak penitip barang konsinyasi
  7. Tap tombol centang untuk menyelesaikan transaksi pembelian
  8. Transaksi pembelian barang konsinyasi telah berhasil dilakukan


4. Penjualan Barang Konsinyasi

Silahkan lakukan transaksi penjualan barang konsinyasi kepada customer atau pelanggan Anda melalui fitur Transaksi Penjualan

  1. Pilih menu Transaksi Penjualan pada halaman sidebar
  2. Pilih barang konsinyasi dan atur jumlah barang yang diinginkan oleh pelanggan Anda, lalu tap tombol Lanjut untuk melanjutkan proses transaksi
  3. Pilih tombol Bayar untuk menuju ke halaman pembayaran
  4. Masukkan nominal yang dibayarkan oleh pelanggan Anda dan lengkapi data pembayaran lainnya sesuai kebutuhan
  5. Tap tombol centang untuk menyelesaikan proses transaksi penjualan
  6. Transaksi penjualan barang konsinyasi telah berhasil dilakukan


5. Retur Barang Konsinyasi

Apabila barang konsinyasi (barang yang dititipkan) tidak habis terjual, maka Anda dapat mencatat proses retur barang menggunakan fitur Retur Pembelian Barang.
Contoh: Dari 10 makaroni yang dititipkan, 5 diantaranya terjual dan 5 lainnya tidak laku. Anda dapat mencatat proses retur barang konsinyasi seperti contoh berikut

  1. Pilih menu Laporan pada halaman sidebar
  2. Pilih sub menu Laporan Transaksi Pembelian
  3. Pilih jenis laporan pembelian sesuai kebutuhan Anda
  4. Tap list transaksi pembelian yang akan diretur
  5. Pilih icon titik tiga pada halaman struk untuk memilih opsi Edit atau Retur
  6. Pilih opsi Edit atau Retur untuk melakukan proses retur barang konsinyasi
  7. Masukkan alasan melakukan retur barang, lalu tap nama barang yang akan diretur hingga muncul pop up input jumlah barang
  8. Setelah muncul pop up input jumlah barang, silahkan atur jumlah barang pada proses retur tersebut, lalu pilih tombol OK
  9. Tap tanda panah pada bagian pojok kanan atas untuk melanjutkan proses retur
  10. Anda dapat menambah atau mengubah data transaksi pada halaman berikut. Jika tidak ingin mengubahnya, maka Anda bisa langsung menekan tanda panah untuk menyelesaikan proses retur
  11. Proses retur barang konsinyasi telah berhasil dilakukan, silahkan tap tanda centang berikut
  12. Berikut merupakan tampilan struk retur pembelian. Terdapat informasi barang yang diretur dan nominal uang yang dikembalikan oleh supplier


6. Pembayaran Hutang

Silakan catat pembayaran hutang yang dilakukan oleh pihak supplier melalui fitur Pembayaran Hutang seperti contoh berikut

  1. Pilih menu Manajemen pada sidebar
  2. Pilih sub menu Hutang dan Piutang
  3. Pilih menu Hutang untuk mengatur data hutang pada toko Anda
  4. Pilih dan tap nama supplier yang melakukan pembayaran hutang
  5. Tap icon panah atau nama transaksi yang dilakukan oleh supplier tersebut
  6. Pilih tombol Pembayaran untuk melakukan pembayaran hutang
  7. Masukkan data pembayaran hutang beserta nominal uang yang diberikan supplier (penitip barang konsinyasi), lalu pilih tombol Simpan
  8. Pembayaran hutang telah berhasil dilakukan
  9. Berikut merupakan tampilan struk pembayaran hutang transaksi konsinyasi

Selamat Mencoba!

Artikel Terkait

Video Tutorial

Apakah artikel ini cukup membantu?

Table of Contents

Proudly powered by WordPress