How Can We Help?

Apa Perbedaan Role Owner, Administrator, Manajer, dan Kasir?

You are here:
← All Topics

Halo, Sobat Kaspin!

Dalam suatu bisnis, umumnya setiap staf memiliki tugas dan wewenang yang berbeda, seperti perbedaan dalam kewenangan staf untuk mengakses berbagai menu dan fitur di aplikasi Kasir Pintar. Oleh sebab itu, Kasir Pintar menyediakan 4 role, yaitu owner, administrator, manajer, dan kasir. Setiap role memiliki hak akses default yang sudah ditentukan oleh Kasir Pintar. Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir, karena Anda dapat mengatur ulang hak akses sesuai dengan kebutuhan (Pelajari lebih lanjut mengenai pengaturan hak akses staf).

Berikut adalah gambaran umum tentang keterkaitan antara default hak akses fitur dengan role staf :

  • Owner (Pemilik) : Dapat mengakses Menu Manajemen / Database, Transaksi, dan Laporan.
  • Administrator : Dapat mengakses Menu Manajemen / Database, Transaksi, dan Laporan.
  • Manajer : Dapat mengakses Menu Manajemen / Database dan Laporan.
  • Kasir : Dapat mengakses Menu Manajemen / Database dan Transaksi.


Berikut merupakan penjelasan singkat mengenai perbedaan owner, administrator, manajer, dan kasir :

1. Owner

Owner memiliki akses penuh di aplikasi Kasir Pintar yang digunakannya, termasuk melakukan transaksi, menginput database, dan melihat laporan. Owner juga dapat melihat laporan transaksi yang dilakukan oleh Kasir, Manajer, dan Administrator. Owner memiliki hak akses penuh di aplikasi Kasir Pintar, dibandingkan staf nya.

2. Administrator

Administrator dapat melakukan transaksi, menginput database, dan melihat laporan.
Administrator dapat melihat laporan transaksi yang dilakukan oleh Kasir dan Manajer.

3. Manajer

Manajer dapat melakukan input ke database dan melihat laporan. Jika Manajer tidak ada akses untuk melakukan transaksi, maka tidak ada laporan transaksi di akun Manajer. Jika owner ingin mengizinkan Manajer melakukan transaksi, caranya adalah menambahkan hak akses “Transaksi” pada akun Manajer melalui back office. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pengaturan hak akses staf, silakan klik tautan ini.

Perlu diketahui bahwa Manajer hanya dapat melihat laporan transaksi yang dilakukan oleh Manajer itu sendiri. Manajer tidak dapat melihat laporan transaksi yang dilakukan oleh Kasir dan Administrator.

4. Kasir

Kasir dapat melakukan transaksi dan input database. Jika owner ingin mengizinkan Kasir agar bisa melihat Laporan, caranya yaitu menambahkan hak akses “Laporan” pada akun Kasir melalui back office.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai pengaturan hak akses staf, silakan klik tautan ini.

Perlu diketahui bahwa laporan transaksi yang bisa dilihat oleh Kasir adalah laporan transaksi yang dilakukan oleh Kasir itu sendiri. Kasir tidak dapat melihat laporan transaksi yang dilakukan oleh Manajer dan Admin.

Informasi

  • Jika Anda ingin menggunakan fitur role ini, Anda harus menggunakan Kasir Pintar Pro.

  • Apa yang membedakan Owner dengan Administrator?
    Owner memiliki akses untuk mengatur manajemen staf dan melakukan Top Up untuk pembayaran langganan aplikasi serta plugin Kasir Pintar. Sedangkan, Administrator tidak memiliki akses untuk melakukan Top Up dan tidak dapat mengatur manajemen staff.

Apakah artikel ini cukup membantu?

Table of Contents

Proudly powered by WordPress