Cara Menambah Data Pelanggan (Kasir Pintar Pro)
Fitur Manajemen Pelanggan memudahkan Anda dalam mengelola data pelanggan, terutama jika Anda memiliki banyak pelanggan tetap. Fitur ini tidak hanya membantu ketika mengelola data pelanggan yang bertransaksi, tetapi juga memungkinkan Anda memanfaatkan data tersebut untuk menyimpan poin pelanggan.
Fitur ini dapat diakses melalui Website Kasir Pintar, aplikasi Kasir Pintar Free, aplikasi Kasir Pintar Pro, dan aplikasi Kasir Pintar Dashboard. Syarat untuk mengakses fitur ini adalah Anda harus berlangganan Kasir Pintar Pro.
Terdapat dua cara untuk menambahkan data pelanggan Anda. Berikut merupakan panduan fitur tambah data pelanggan baru melalui aplikasi Kasir Pintar Pro :
1. Cara Menambah Data Pelanggan Secara Manual
Berikut merupakan cara menambah data pelanggan secara manual :
- Klik ikon garis tiga di sebelah pojok kanan atas untuk membuka menu sidebar.
- Pilih Menu Manajemen.
- Pilih Sub menu Pelanggan dan Supplier.
- Pilih opsi menu Pelanggan.
- Selanjutnya, klik tombol Manual berwarna hijau di bagian bawah untuk menambahkan data pelanggan baru secara manual.
- Lengkapi data pelanggan dengan mengisi semua kolom yang disediakan. Berikut penjelasan dari kolom data pelanggan yang harus diisi :
- Nama Panggilan : Kolom ini digunakan untuk mengisi nama dari pelanggan baru.
- Poin : Kolom ini otomatis terisi dengan angka poin yang sudah diatur melalui fitur set poin yang berada di menu Marketing > Loyalty poin.
- Kode Pelanggan : Kolom ini digunakan untuk memberikan kode pelanggan berupa kombinasi angka dan huruf pada pelanggan baru.
- Email : Kolom ini digunakan untuk mengisi email aktif dari pelanggan baru dan tidak wajib diisi. Jika Anda tidak mengisi kolom ini, maka akan terisi secara otomatis melalui sistem.
- Telepon : Kolom ini digunakan untuk mengisi nomor telepon dari pelanggan baru.
- Alamat : Kolom ini digunakan untuk mengisi alamat dari pelanggan baru.
- Nama Panggilan : Kolom ini digunakan untuk mengisi nama dari pelanggan baru.
- Setelah selesai menginput seluruh informasi terkait data pelanggan baru, klik tombol Simpan.
- Jika data pelanggan telah tersimpan, maka nama pelanggan tersebut akan muncul di halaman daftar pelanggan.
2. Cara Menambah Data Pelanggan dari Kontak
Panduan ini dapat digunakan jika nomor telepon pelanggan telah tersimpan di kontak HP Anda. Berikut merupakan cara menambah data pelanggan dari kontak:
- Klik ikon garis tiga yang ada di pojok kanan atas untuk membuka menu sidebar.
- Pilih Menu Manajemen.
- Pilih Sub menu Pelanggan dan Supplier
- Pilih opsi menu Pelanggan
- Selanjutnya, klik tombol Dari Kontak berwarna kuning di bagian bawah untuk menambahkan data pelanggan baru dari kontak yang ada di hp Anda.
- Pilih nama pelanggan yang nomornya telah tersimpan di kontak HP Anda
- Setelah itu, lengkapi kolom lain yang belum terisi. Setelah selesai, klik tombol Simpan
- Jika data pelanggan baru telah tersimpan, maka nama pelanggan tersebut akan muncul di halaman daftar pelanggan.
Selamat Mencoba!
Artikel Lainnya
- Cara Menambah Data Pelanggan (Website/Backoffice Kasir Pintar)
- Cara Menambah Data Pelanggan (Kasir Pintar Free)
- Cara Menambah Data Pelanggan (Kasir Pintar Dashboard)