How Can We Help?

Penjelasan Permission pada Aplikasi Kasir Pintar

You are here:
← All Topics

Apa yang dimaksud dengan Permission Aplikasi?

Permission adalah hak akses atau perizinan yang diperlukan aplikasi untuk mengakses beberapa informasi pada smartphone Anda. Pada umumnya, permission disertai dengan serangkaian informasi terkait aktivitas yang akan dilakukan oleh aplikasi. Tujuannya agar aplikasi dapat memberikan manfaat yang lebih kepada para pengguna, seperti mengakses kontak, kamera, lokasi dan sebagainya. Semua aktivitas tersebut memerlukan adanya permission dari Anda selaku pengguna aplikasi.

Mengapa Anda Perlu Memberi Izin Aplikasi Kasir Pintar?

Permission pada aplikasi Kasir Pintar diperlukan agar aplikasi dapat berjalan sesuai dengan fungsionalitas fitur serta dapat mempermudah Anda untuk mengakses fitur-fitur tertentu. Misalnya, penggunaan fitur tambah data pelanggan dan supplier melalui kontak akan membutuhkan izin (permission) agar aplikasi dapat mengakses kontak yang terdapat pada handphone Anda. Fitur ini dapat membantu menambahkan data pelanggan dan supplier secara cepat karena aplikasi telah mendapatkan akses untuk membuka kontak handphone Anda.

Jenis Permission pada Aplikasi Kasir Pintar

  1. Tipe Device
    Perizinan akses tipe device digunakan untuk menginformasikan jika terdapat perangkat lain yang menggunakan akun Anda. Permission tipe device muncul ketika login berhasil dilakukan.

    Contoh: Adi login di aplikasi Kasir Pintar Pro mengunakan email adi@gmail.com dengan tipe device Samsung SM-A315G, lalu beberapa jam kemudian, Adi juga login di aplikasi Kasir Pintar POS Desktop dengan email dan password yang sama menggunakan tipe device DESKTOP-D2PEAJG.
    Ketika Adi berhasil login di aplikasi Kasir Pintar POS Desktop, maka Adi akan mendapat pemberitahuan bahwa akun terdeteksi login di device lain.

    Jika Adi memilih tombol Lanjutkan, maka terdapat pemberitahuan di aplikasi Kasir Pintar Pro bahwa akun Anda terlogout karena digunakan di device lain

    Oleh karena itu, aplikasi memerlukan permission untuk mengakses tipe device yang Anda gunakan dengan tujuan untuk menginformasikan jika terdapat device atau perangkat lain menggunakan akun Anda.

  2. Kontak
    Perizinan akses kontak muncul ketika Anda mengakses fitur tambah data pelanggan dan supplier. Aplikasi Kasir Pintar membutuhkan permission yang akan digunakan untuk menambahkan data kontak pelanggan dan supplier secara cepat melalui nomor ponsel yang tersimpan di ponsel Anda.


  3. Lokasi
    Perizinan akses lokasi digunakan untuk membantu Anda dalam menetapkan lokasi toko online (Olshopin) secara akurat serta membantu customer agar mengetahui alamat toko Anda. Permission lokasi muncul ketika Anda mengatur lokasi toko di halaman Pengaturan Toko.


  4. Kamera
    Perizinan akses kamera digunakan untuk melakukan pengambilan gambar produk, bukti transfer pembayaran, dan scan barcode. Permission kamera muncul ketika Anda akan menambah gambar produk, upload bukti transfer, edit logo toko, edit gambar produk, dan scan barcode barang.


  5. Media
    Perizinan akses media digunakan untuk menyimpan data gambar produk dan data transaksi pada akun Anda. Permission media muncul ketika Anda akan melakukan sinkronisasi download data gambar produk di menu Pengaturan > Sinkronisasi.


  6. Perangkat Sekitar (Nearby device)
    Perizinan akses perangkat sekitar dapat Anda temukan pada OS Android 12 keatas. Permission ini digunakan agar aplikasi dapat menemukan dan terhubung secara langsung ke perangkat bluetooth atau wifi di sekitar Anda atau perangkat yang sebelumnya pernah tersambung di device Anda. Permission perangkat sekitar muncul ketika Anda mengatur printer, perangkat EDC, bluetooth scanner, dan yang lainnya.

Agar aplikasi Kasir Pintar yang Anda gunakan dapat berjalan secara optimal dan dapat memudahkan Anda dalam mengakses fitur-fitur terkait, maka Anda dapat memilih tombol Izinkan setiap kali muncul pop up permission pada aplikasi.

Cara Mengatur Permission (izin) Aplikasi Kasir Pintar Secara Manual

Bagi para pengguna OS Android 11 keatas, Anda akan mendapatkan pop up permission (izin aplikasi) dari Kasir Pintar hanya 1 kali. Jika sebelumnya Anda memilih opsi ‘Lewati’ dan ingin mengubah permission terkait, maka Anda dapat mengatur permission secara manual melalui pengaturan device seperti cara berikut:

  1. Buka aplikasi Pengaturan/Settings pada device Anda
  2. Pilih menu Aplikasi untuk melihat seluruh aplikasi yang ada di device Anda
  3. Pilih aplikasi Kasir Pintar yang akan Anda ubah permissionnya. Sebagai contoh, disini saya akan mengatur izin dari aplikasi Kasir Pintar Pro
  4. Setelah itu klik bagian Izin pada aplikasi tersebut
  5. Sebagai contoh, disini saya akan mengizinkan aplikasi Kasir Pintar Pro agar dapat mengakses kamera pada device yang saya gunakan, maka klik opsi Kamera pada aplikasi Kasir Pintar Pro
  6. Ubah opsi menjadi Izinkan agar aplikasi Kasir Pintar Pro dapat mengakses kamera pada device Anda
  7. Pengaturan izin aplikasi Kasir Pintar Pro telah berhasil dilakukan.

Demikian artikel mengenai penjelasan permission pada aplikasi Kasir Pintar, semoga bermanfaat!

Apakah artikel ini cukup membantu?

Previous Penjelasan checklist pada pengaturan Printer dan Struk
Next Saya Mendapatkan Email Pemberitahuan Akun Tidak Aktif dari Kasir Pintar. Apa yang harus saya lakukan?
Table of Contents