How Can We Help?

Penjelasan Checklist pada Pengaturan Printer dan Struk

You are here:
← All Topics

Mempersiapkan pengaturan printer dan struk adalah langkah penting sebelum memulai transaksi. Untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda, Kasir Pintar menyediakan opsi untuk menyesuaikan tampilan struk dan pengaturan printer. Fitur ini memberikan fleksibilitas untuk mengatur tampilan struk sesuai dengan kebutuhan Anda. Dalam artikel ini, Karis akan membahas mengenai kegunaan yang terkait dengan kolom pengaturan printer dan struk di aplikasi Kasir Pintar, sebagai berikut :

  1. Download dari Cloud, opsi ini digunakan untuk menyinkronkan pengaturan yang telah dikonfigurasi oleh akun owner. Ketika akun owner melakukan kustomisasi pengaturan printer dan struk, konfigurasi tersebut akan tersimpan di Cloud. Melalui opsi ini, akun staff dapat menyinkronkan pengaturan printer dan struk sesuai yang telah ditetapkan oleh owner dengan cara klik opsi “Download dari Cloud”.





  2. Pengaturan Logo pada Struk
    Bagian ini mencakup beberapa pengaturan terkait logo yang akan tampil pada struk, yaitu :



    Pada bagian ini Anda dapat mengatur :
    • Edit Logo, opsi ini digunakan untuk memilih gambar yang ingin dijadikan logo pada struk. Agar hasil cetak lebih optimal, direkomendasikan untuk menggunakan logo hitam putih dengan format file PNG.




    • Tampilkan Logo, opsi ini digunakan untuk memunculkan logo pada struk. Anda dapat mengaktifkan opsi “Tampilkan Logo” dengan menggeser toggle hingga berubah menjadi warna hijau. Dengan begitu, logo akan ditampilkan di bagian atas struk.




    • Mode Cetak Gambar, opsi ini berhubungan dengan hasil pencetakan logo pada struk. Apabila hasil pencetakan dengan Mode A tidak memberikan hasil yang optimal, alternatifnya adalah memilih Mode B. Pilihlah mode yang paling cocok untuk mendapatkan hasil pencetakan yang lebih baik.
      *Sebagai rekomendasi, penggunaan logo hitam putih dalam format file PNG sangat disarankan untuk mendapatkan hasil pencetakan yang lebih baik.




    • Panjang Logo, opsi pengaturan ini digunakan untuk mengatur panjang logo yang akan ditampilkan pada struk, diukur dalam satuan karakter. Secara default, panjang logo yang telah ditetapkan adalah 12 karakter. Jika Anda perlu mengubahnya, silahkan lakukan perubahan sesuai yang Anda butuhkan.




    • Panjang Canvas Logo, opsi pengaturan ini berperan dalam menyesuaikan panjang area gambar logo pada struk, agar sesuai dengan panjang karakter dalam satu baris struk. Secara default, panjang canvas logo yang telah ditetapkan adalah 32 karakter. Jika Anda perlu mengubahnya, silahkan lakukan perubahan sesuai yang Anda butuhkan.




  3. Pengaturan Struk
    Pada bagian ini, Anda dapat menyesuaikan tampilan dan informasi pada struk sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda :
    • Cetak Struk Otomatis, opsi ini digunakan untuk mengatur apakah struk transaksi akan dicetak secara otomatis atau tidak. Anda dapat mengaktifkan opsi “Cetak struk otomatis” dengan menggeser toggle hingga berubah menjadi warna hijau. Dengan begitu, struk akan tercetak secara otomatis setelah proses transaksi selesai.



    • Tampilkan Kode Struk
      Opsi ini digunakan untuk menampilkan kode struk di bagian bawah alamat toko Anda. Kode struk berguna untuk keperluan retur barang melalui website atau back office Kasir Pintar. Anda dapat mengaktifkan opsi “Tampilkan Kode Struk” dengan menggeser toggle hingga berubah menjadi warna hijau.



    • Tampilkan No. Urut, opsi ini digunakan untuk menampilkan nomor urut pada barang-barang yang tercantum pada struk. Anda dapat mengaktifkan opsi “Tampilkan No. Urut” dengan menggeser toggle hingga berubah menjadi warna hijau.



    • Tampilkan Satuan Sebelah Qty, opsi ini digunakan untuk menampilkan satuan di samping jumlah barang pada struk. Satuan yang tampil adalah satuan yang telah diatur sebelumnya dalam manajemen barang atau jasa. Aktifkan dengan menggeser toggle menjadi hijau untuk memunculkan informasi satuan pada struk transaksi dan membantu pelanggan mengenali jumlah dan jenis barang yang dibeli.




    • Alamat Pelanggan, opsi ini digunakan untuk memunculkan alamat pelanggan pada struk. Alamat yang ditampilkan akan sesuai dengan yang telah diatur dalam bagian manajemen pelanggan sebelumnya. Dengan mengaktifkan opsi ini, informasi alamat pelanggan akan tertera pada struk transaksi. Anda dapat mengaktifkan opsi ini dengan menggeser toggle hingga berubah menjadi warna hijau.



    • Tampilkan Nomor Struk, opsi ini digunakan untuk melihat jumlah struk yang telah tercatat selama proses transaksi. Anda dapat mengaktifkan opsi ini dengan menggeser toggle hingga berubah menjadi warna hijau.



    • Tampilkan Total Kuantitas, opsi ini digunakan untuk menampilkan jumlah total barang yang dibeli dalam satu transaksi pada struk. Anda dapat mengaktifkan opsi ini dengan menggeser toggle hingga berubah menjadi warna hijau.



    • Kolom Tanda Tangan Hutang / Piutang, opsi ini digunakan untuk menampilkan area kosong yang dapat digunakan untuk tanda tangan manual terkait transaksi hutang atau piutang. Anda dapat mengaktifkan opsi ini dengan menggeser toggle hingga berubah menjadi warna hijau.

      Catatan: Setelah mengaktifkan opsi tanda tangan hutang/piutang, pada halaman preview struk tidak akan ditampilkan kolom tanda tangan hutang piutang. Namun, ketika struk dicetak akan muncul kolom tanda tangan hutang piutang.






    • Pisah Biaya Admin Toko, Opsi ini digunakan untuk memisahkan biaya administrasi umum dengan biaya administrasi khusus toko yang terkait dengan transaksi PPOB Pascabayar. Hal ini dapat memberikan kejelasan mengenai pemisahan biaya yang relevan dalam struk.  Anda dapat mengaktifkan opsi ini dengan menggeser toggle hingga berubah menjadi warna hijau.





    • Tampilkan Struk Online dan Kritik Saran

      Opsi ini digunakan untuk mengatur tampilan struk online, yang mencakup kritik dan saran. Anda dapat memilih antara menampilkannya dalam bentuk link atau kode QR. Dengan mengaktifkan opsi ini, Anda memberikan pelanggan kemudahan untuk berbagi masukan, yang berperan dalam meningkatkan kualitas layanan dan produk yang Anda tawarkan.
      • Mode Link
        Anda dapat memilih Mode Link jika ingin menampilkan tautan kritik dan saran dalam bentuk teks pada struk transaksi. Pelanggan dapat mengaksesnya dengan mudah melalui tautan yang tersedia.

      • Mode QR
        Pilih Mode QR Code jika Anda ingin menampilkan tautan kritik dan saran dalam bentuk kode QR pada struk transaksi. Pelanggan dapat scan kode QR ini untuk langsung mengakses halaman kritik dan saran melalui perangkat mereka.



    • Panjang Karakter Struk, opsi pengaturan ini digunakan untuk menentukan panjang karakter yang akan ditampilkan dalam setiap baris struk transaksi. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengatur tampilan agar sesuai dengan preferensi dan kebutuhan. Semakin besar jumlah angka yang dimasukkan, struk akan semakin panjang secara horizontal.



    • Keterangan Header, Opsi pengaturan ini digunakan untuk menampilkan informasi tambahan pada bagian atas struk atau header. Biasanya, keterangan header ini berisi identitas toko. Sebagai contoh, Anda dapat menambahkan nomor telepon toko atau informasi lain yang relevan, sehingga pelanggan dapat lebih mudah menghubungi toko jika diperlukan.



    • Keterangan Footer, opsi pengaturan ini digunakan untuk menampilkan tambahan keterangan pada bagian bawah struk atau footer. Biasanya, keterangan footer ini berisi ungkapan terima kasih atau apresiasi kepada pelanggan yang telah melakukan transaksi.



    • Jumlah Baris Margin Bawah Struk, opsi pengaturan ini digunakan untuk mengatur ukuran margin bawah sesuai kebutuhan dan standar desain yang diinginkan. Silahkan atur jumlah baris yang memisahkan isi struk transaksi dengan keterangan footer. Perhatikan dengan cermat jumlah baris margin bawah, karena terlalu banyak dapat menyebabkan pemborosan kertas, sementara terlalu sedikit bisa membuat struk terlihat penuh.



    • Reset Kode Struk, opsi pengaturan ini digunakan untuk mengatur jangka waktu yang diperlukan untuk mengembalikan nomor struk kembali menjadi 0. Hal ini membantu Anda mengatur kembali urutan nomor struk sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.



  4. Pengaturan Printer
    Opsi ini digunakan untuk mengatur printer yang akan digunakan dalam proses mencetak struk.
    • Anda dapat memilih printer yang ingin digunakan untuk mencetak struk, diantaranya yaitu :
      • Printer Kasir
      • Printer Dapur 1
      • Printer Dapur 2
      • Printer Dapur 3



    • Anda juga dapat menyesuaikan opsi ini saat menghubungkan printer melalui berbagai metode, seperti Bluetooth, USB, Epson, atau Ethernet.


    • Pilih nama printer yang terhubung dengan perangkat Anda


  5. Setelah mengatur printer dan struk, Anda memiliki beberapa opsi yang dapat Anda pilih :
    • Preview : Gunakan tombol ini untuk melihat perubahan yang telah Anda lakukan pada pengaturan printer dan struk. Klik “Preview” untuk memeriksa perubahan yang telah Anda buat pada printer dan struk.
    • Simpan : Jika hasil cetak struk sesuai dengan kebutuhan, jangan lupa untuk menyimpan pengaturan yang telah Anda atur. Klik “Simpan” untuk menyimpan pengaturan yang telah Anda tentukan.

Selamat Mencoba!

Catatan

  • Jika Anda ingin menonaktifkan opsi-opsi yang telah disebutkan di atas, caranya sangatlah mudah.
    Anda hanya perlu menggeser tombol toggle ke posisi berwarna putih seperti semula. Untuk memberikan gambaran lebih jelas, berikut ini Karis berikan contohnya :


Apakah artikel ini cukup membantu?

Table of Contents

Proudly powered by WordPress