How Can We Help?

Fitur LinkPintar Merchant

You are here:
← All Topics

LinkPintar merupakan fitur baru dari aplikasi Kasir Pintar yang dapat memudahkan merchant untuk menyematkan berbagai link pada sebuah landing page atau halaman khusus. Dengan menggunakan LinkPintar, customer dapat mengakses semua platform yang tersambung dengan toko Anda hanya dengan satu link utama. Link tersebut dapat mengarahkan customer untuk melihat berbagai platform bisnis online dan sosial media yang Anda miliki. Dengan demikian, customer dapat memilih platform yang ingin mereka akses untuk melakukan proses transaksi di toko Anda.

Fitur LinkPintar tersedia bagi Anda para pengguna akun free, pro, dan plugin bisnis. Namun, terdapat beberapa perbandingan fitur pada masing-masing akun:


Anda dapat mengelola konten yang akan ditampilkan pada LinkPintar melalui Website/Back Office, dengan cara berikut:

  1. Pilih Menu Pengaturan > Toko > LinkPintar pada sidebar
  2. Aktifkan toggle pada bagian Status hingga berwarna hijau (ON) untuk mengaktifkan fitur LinkPintar
  3. Sebelum menyalin dan membagikan link utama, Anda dapat mengatur konten yang akan ditampilkan pada halaman LinkPintar terlebih dahulu :

Profil (Bio/Slogan Toko)

Masukkan deskripsi singkat mengenai profil toko Anda. Bio/slogan tersebut akan ditampilkan dibawah nama toko Anda.

Watermark Logo Kasir Pintar

Aktifkan toggle Watermark Logo Kasir Pintar hingga berwarna hijau (ON) jika Anda ingin menampilkan “logo Kasir Pintar” di bagian bawah halaman LinkPintar.

Toko Online

Pada tab bagian Toko Online, tersedia 3 platform yang dapat Anda tampilkan pada halaman LinkPintar, diantaranya yaitu Katalog Produk (Olshopin), Nomor WhatsApp, dan Lokasi toko Anda.


1. Katalog Produk (Olshopin)
Kolom Katalog Produk akan otomatis terisi link toko olshopin Anda. Apabila Anda ingin menampilkan katalog toko olshopin pada halaman LinkPintar, silahkan klik toggle pada bagian Katalog Produk hingga berwarna hijau (Aktif). Dengan demikian, ketika customer memilih opsi Katalog Produk, maka akan diarahkan langsung ke profil toko olshopin Anda.

2. WhatsApp

Untuk menampilkan nomor whatsapp Anda pada halaman LinkPintar, silahkan klik toggle pada bagian WhatsApp hingga berwarna hijau (Aktif). Selanjutnya masukkan nomor whatsapp Anda pada kolom yang tersedia. Hal ini dapat memudahkan customer untuk menghubungi Anda melalui nomor WhatsApp yang telah disematkan.

3. Lokasi Toko

Aktifkan toggle pada kolom Lokasi Toko hingga berwarna hijau (ON) apabila Anda ingin menampilkan lokasi maps toko pada halaman LinkPintar.
Cara Salin Link Maps Lokasi Toko:

1. Buka link maps berikut http://google.com/maps/place/
2. Masukkan alamat toko Anda pada kolom pencarian maps, lalu klik icon pencarian
3. Setelah menemukan lokasi maps toko Anda, pilih icon Bagikan/Share
4. Pilih opsi Salin Link. Link maps toko berhasil disalin apabila muncul info ‘Disalin ke clipboard’ pada device Anda
5. Paste/tempel link tersebut pada kolom Lokasi seperti contoh berikut

Setelah mengatur platform Toko Online yang akan ditampilkan di halaman LinkPintar, maka Anda dapat memilih 2 tombol berikut :
– Pilih tombol Preview LinkPintar jika Anda ingin melihat pratinjau tampilan halaman LinkPintar yang telah Anda atur. Berikut merupakan contoh preview halaman LinkPintar pada bagian bio toko, watermark logo Kasir Pintar, dan Toko Online

– Pilih tombol Simpan untuk menyimpan pengaturan bio toko, watermark logo Kasir Pintar, dan Toko Online yang telah Anda tambahkan.

Marketplace

Pada tab bagian Marketplace, Anda dapat menambahkan 5 platform marketplace untuk ditampilkan di halaman LinkPintar seperti Tokopedia, Shopee, Grabfood, Gofood, dan ShopeeFood.


1. Aktifkan Toggle pada Kolom Marketplace
Anda dapat mengaktifkan toggle hingga berwarna hijau (ON) pada setiap kolom marketplace yang ingin Anda tampilkan pada halaman LinkPintar.
2. Masukkan Link Akun Marketplace Anda
Selanjutnya masukkan link akun toko/akun resto Anda pada kolom yang tersedia. Dengan demikian, ketika customer klik salah satu menu marketplace di halaman LinkPintar Anda, maka akan diarahkan langsung ke profil toko/resto Anda. Hal tersebut dapat meningkatkan traffic pengunjung toko Anda.

Untuk mengetahui cara mendapatkan dan menyalin link akun marketplace yang Anda miliki, silahkan lihat ulasan lengkapnya pada artikel berikut: Cara Salin Link Akun Marketplace LinkPintar

Sosial Media

Pada tab bagian Sosial Media, Anda dapat menambahkan 5 platform sosial media untuk ditampilkan di halaman LinkPintar seperti Instagram, Tiktok, Facebook, Twitter, dan Youtube.

1. Aktifkan Toggle pada Kolom Sosial Media
Anda dapat mengaktifkan toggle hingga berwarna hijau (ON) pada setiap kolom sosial media yang ingin Anda tampilkan pada halaman LinkPintar.
2. Masukkan Link Akun Sosial Media Anda
Selanjutnya masukkan link akun sosial media Anda pada kolom yang tersedia. Dengan demikian, ketika customer klik salah satu menu sosial media di halaman LinkPintar, maka akan diarahkan langsung ke profil akun sosial media Anda. Hal tersebut dapat meningkatkan traffic pengunjung media sosial Anda.

Untuk mengetahui cara mendapatkan dan menyalin link platform sosial media yang Anda miliki, silahkan lihat ulasan lengkapnya pada artikel berikut: Cara Salin Link Akun Marketplace LinkPintar

Custom Link

Pada bagian ini, Anda dapat menambahkan 10 menu custom yang akan ditampilkan pada halaman LinkPintar sesuai kebutuhan bisnis Anda.

1. Masukkan Judul Section untuk menu custom yang akan ditampilkan pada halaman LinkPintar
2. Aktifkan toggle Nama Menu Custom jika Anda ingin menampilkan menu custom pada halaman LinkPintar
3. Masukkan Nama Menu Custom yang akan Anda tambahkan
4. Masukkan link tujuan ketika nama menu custom di klik nantinya

Untuk mengetahui detail cara mengatur menu dan link custom, Anda dapat melihatnya pada artikel berikut: Cara Mengatur Menu dan Link Custom

Bagikan LinkPintar Anda!

Setelah mengatur konten yang akan ditampilkan pada halaman LinkPintar, kini Anda dapat membagikan link utama LinkPintar dengan cara klik tombol Copy untuk menyalin LinkPintar Anda. Selanjutnya tempelkan link tersebut pada bio profil sosial media yang Anda miliki seperti Instagram, Tiktok, Youtube, Twitter, Facebook atau bisa juga langsung Anda bagikan dalam bentuk postingan dan story.

Cara Membagikan LinkPintar ke Bio Profil Instagram:
1. Buka aplikasi Instagram yang Anda gunakan
2. Pilih Menu Profil pada bagian pojok kanan bawah
3. Pilih tombol Edit Profil untuk mengubah profil Anda
4. Pada halaman Edit Profil, paste/tempelkan link utama LinkPintar Anda pada kolom Situs Web
5. Klik icon centang pada bagian pojok kanan atas untuk menyimpan pengaturan profil yang telah dilakukan
6. LinkPintar berhasil disematkan pada bio profil akun instagram Anda. Link tersebut dapat membantu customer/pengikut sosial media Anda terhubung ke berbagai platform bisnis online dan sosial media yang Anda miliki.

Selamat Mencoba!

FAQ

  • Bagaimana Cara Copy/Salin Link dari Browser?
    – Jika Anda mengakses melalui PC/laptop, Anda dapat menyalin link tersebut dengan menekan tombol “Ctrl+C” pada keyboard.
    – Jika Anda mengakses melalui handphone, Anda dapat menyalin link tersebut dengan cara “tekan dan tahan alamat web yang diinginkan” hingga muncul opsi (Cut, Copy, Caste, Share) pada layar Hp Anda, lalu pilih opsi “Copy atau Salin”.

  • Bagaimana Cara Paste/Tempel Link Pada Setiap Kolom LinkPintar?
    – Jika Anda mengakses melalui PC/laptop, Anda dapat menempelkan link tersebut dengan menekan tombol “Ctrl+V” pada keyboard.
    – Jika Anda mengakses melalui handphone, Anda dapat menempelkan link tersebut dengan cara “tekan dan tahan secara lama pada kolom yang diinginkan” hingga muncul opsi “Paste/Tempel” pada layar Hp Anda.

Apakah artikel ini cukup membantu?

Previous Fitur Cabang Toko
Next Fitur MDR pada Aplikasi Kasir Pintar
Table of Contents