Cek Koneksi Internet Menggunakan Aplikasi Ping Tools

You are here:
  • Main
  • FAQs
  • Cek Koneksi Internet Menggunakan Aplikasi Ping Tools
← All Topics

Ketika mengakses sebuah aplikasi tertentu, seringkali dapat terjadi koneksi internet tidak stabil. Oleh karena itu, Anda dapat melakukan cek koneksi internet atau test ping melalui smartphone. Meskipun tergolong cukup jarang untuk dilakukan, tetapi terkadang kita memang perlu melakukannya, khususnya bagi Anda yang sedang mengakses aplikasi yang membutuhkan koneksi internet stabil.

Ping adalah kepanjangan dari Packet Internet Gopher dan memiliki fungsi yang bermacam-macam, diantaranya yaitu dapat digunakan untuk memeriksa kualitas koneksi internet yang digunakan.

Untuk melakukan ping melalui smartphone Android, Anda perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga, salah satu aplikasi yang cukup populer adalah aplikasi Ping Tools. Aplikasi ini dikembangkan oleh StreamSoft dan dapat diinstal melalui Play Store. Berikut merupakan cara melakukan ping menggunakan aplikasi Ping Tools:

  1. Silahkan install aplikasi Ping Tools melalui Play Store pada link berikut
  2. Setelah berhasil terinstall, buka aplikasi Ping Tools, lalu klik Icon tiga garis pada bagian pojok kiri atas
  3. Pilih Menu PING
  4. Masukkan nama website, host, atau alamat IP yang ingin di ping pada field berikut
  5. Setelah itu klik tombol PING
  6. Jika hasil ping sebuah jaringan yang menunjukkan paket lost/paket hilang sebesar 0%, maka dapat dipastikan koneksi internet tersebut memiliki kualitas yang bagus. Semakin kecil nilai hasil ping, maka kecepatan koneksi internet Anda semakin baik.

Selamat Mencoba!

Apakah artikel ini cukup membantu?