How Can We Help?

Cara Transaksi Pisah Bayar / Multi Payment (Kasir Pintar POS)

You are here:
← All Topics

Fitur Transaksi Pisah Bayar atau Multi Payment merupakan transaksi penjualan dengan menggunakan dua metode pembayaran atau lebih. Namun pada aplikasi Kasir Pintar, fitur ini hanya dibatasi menggunakan dua metode pembayaran saja. Berikut merupakan syarat untuk mengakses fitur transaksi pisah bayar atau multi payment:

Contoh: Pelanggan bernama Mentari membeli 2 botol Air Mineral, 4 porsi Nasi Ayam Geprek, dan 2 gelas Americano Ice dengan total pembayaran Rp 110.000. Mentari memilih metode pisah bayar / multipayment dengan rincian Rp 50.000 melalui transfer dan Rp 60.000 secara tunai.


Berikut merupakan akses fitur Pisah Bayar / Multipayment melalui aplikasi Kasir Pintar POS versi iOS dan versi Desktop (Windows & MacOS):

1. Kasir Pintar POS (iOS)

Berikut merupakan panduan untuk menggunakan fitur Transaksi Pisah Bayar / Multi Payment melalui aplikasi Kasir Pintar POS versi iOS:

  1. Klik ikon garis tiga di pojok kiri atas untuk membuka menu sidebar.


    Pilih menu Transaksi Penjualan.


  2. Pilih barang secara langsung atau gunakan ikon pencarian untuk mempermudah mencari barang yang akan ditransaksikan, kemudian klik tombol Lanjut.
    Contohnya, Mentari membeli makanan dan minuman dengan rincian sebagai berikut:
    – Air Mineral sebanyak 2 botol.
    – Americano Ice sebanyak 2 gelas.
    – Ayam Geprek sebanyak 4 porsi.


  3. Periksa kembali jumlah barang yang dimasukkan. Apabila sudah sesuai, klik tombol Bayar untuk melanjutkan ke tahap pembayaran.


  4. Sebelum menyelesaikan transaksi, klik kolom Pelanggan dan pilih nama pelanggan yang sesuai kebutuhan.


  5. Klik tombol Pisah Bayar untuk menggunakan dua metode pembayaran.


  6. Pilih metode pembayaran sesuai dengan kebutuhan. Lalu, klik tombol Set.
    Contoh, Mentari ingin membayar secara transfer dan tunai (cash).


  7. Di halaman pisah bayar, sistem akan otomatis membagi total pembayaran menjadi dua seperti berikut.


  8. Selain itu, Anda dapat mengedit kolom nominal pembayaran sesuai ketentuan yang berlaku disini.
    Contoh, Mentari ingin membayar secara transfer sebesar Rp. 50.000 dan tunai (cash) sebesar Rp. 60.000


  9. Periksa kembali nominal pembayaran yang sudah diedit, apabila nominal sudah sesuai klik Selesaikan Transaksi.


    Klik tombol Selesai.


  10. Sistem akan menampilkan notifikasi transaksi berhasil seperti di bawah ini.


    Berikut merupakan contoh tampilan struk transaksi pisah bayar / multi payment.


2. Kasir Pintar POS (Desktop)

Berikut merupakan panduan untuk menggunakan fitur Transaksi Pisah Bayar / Multi Payment melalui aplikasi Kasir Pintar POS versi Desktop (Windows & MacOS) :

  1. Klik ikon garis tiga di pojok kiri atas untuk membuka menu sidebar.


    Pilih menu Transaksi Penjualan.


  2. Pilih barang secara langsung atau gunakan ikon pencarian untuk mempermudah mencari barang yang akan ditransaksikan, kemudian klik tombol Lanjut.
    Contohnya, Mentari membeli makanan dan minuman dengan rincian sebagai berikut:
    – Air Mineral sebanyak 2 botol.
    – Americano Ice sebanyak 2 gelas.
    – Nasi Ayam Geprek sebanyak 4 porsi.


  3. Periksa kembali jumlah barang yang dimasukkan. Apabila sudah sesuai, klik tombol Bayar untuk melanjutkan ke tahap pembayaran.


  4. Sebelum menyelesaikan transaksi, klik kolom Pelanggan dan pilih nama pelanggan yang sesuai kebutuhan.


  5. Klik tombol Pisah Bayar untuk menggunakan dua metode pembayaran.


  6. Pilih metode pembayaran sesuai dengan kebutuhan. Lalu, klik tombol SET (ENTER).
    Contoh, Mentari ingin membayar secara transfer dan tunai (cash).


  7. Di halaman pisah bayar, sistem akan otomatis membagi total pembayaran menjadi dua seperti berikut.


  8. Selain itu, Anda dapat mengedit kolom nominal pembayaran sesuai ketentuan yang berlaku disini.
    Contoh, Mentari hanya memiliki uang cash (tunai) sebanyak Rp. 50.000, untuk sisa pembayarannya Dia ingin membayar secara transfer sebesar Rp. 64.000.


  9. Periksa kembali nominal pembayaran yang sudah diedit, apabila nominal sudah sesuai klik Selesaikan Transaksi.


    Klik tombol Selesai.


  10. Sistem akan menampilkan notifikasi transaksi berhasil seperti di bawah ini.


    Berikut merupakan contoh tampilan struk transaksi pisah bayar / Multi Payment.

Informasi

  • Fitur Pisah Bayar hanya dapat digunakan untuk transaksi dengan pembayaran penuh (lunas) dan tidak dapat digunakan untuk transaksi yang bersifat piutang atau pembayaran cicilan.

  • Jika Anda melakukan retur pada transaksi dengan metode pisah bayar (multipayment), pengembalian dana akan diberikan melalui pembayaran tunai (cash).

  • Ketentuan saat pilih Metode Pembayaran “Tunai (cash) dan Non-Tunai”
    • Kedua Kolom Nominal Dapat Diedit → Memungkinkan pembeli membagi pembayaran sesuai keinginan mereka.
    • Nominal Pembayaran Bisa Melebihi Total Transaksi → Nantinya kelebihan pembayaran otomatis dihitung sebagai kembalian.

  • Ketentuan saat pilih Metode Pembayaran “Keduanya Non-Tunai
    • Salah Satu Kolom Nominal Terkunci → Sistem akan mengunci salah satu kolom untuk memastikan pembayaran non-tunai sesuai dengan pembagian yang ditetapkan.
    • Nominal Pembayaran Tidak Bisa Melebihi Total Transaksi → Jumlah nominal pembayaran harus pas, karena tidak ada pengembalian uang seperti transaksi tunai.

FAQs

  • Apakah Saya bisa melakukan Retur untuk Transaksi Pisah Bayar / Multipayment?
    • Ya, transaksi Pisah Bayar / Multipayment bisa diretur, berikut merupakan caranya:
      • Pastikan shift sudah aktif agar pengembalian dana ke pelanggan tercatat di sistem. Jika belum, aktifkan shift terlebih dahulu dengan mengikuti panduan Cara Menggunakan Fitur Shift.

      • Buka Laporan Penjualan -> Cari dan pilih transaksi multipayment yang akan diretur -> Klik ikon titik tiga di pojok kanan atas halaman struk -> Klik opsi Retur.

        Catatan: Pengembalian dana ke pelanggan otomatis dilakukan secara tunai (cash), walaupun pada transaksi awal menggunakan non-tunai atau kombinasi (tunai dan non-tunai).


      • Centang opsi “Catat di Rekap Shift” agar sistem mencatat pengembalian uang tunai yang dikeluarkan dari cashdrawer. Pastikan saldo cashdrawer mencukupi untuk pengembalian.

  • Apakah Transaksi Pisah Bayar / Multipayment bisa dibatalkan?
    • Ya, transaksi Pisah Bayar / Multipayment dapat dibatalkan dengan mengikuti ketentuan dan langkah-langkah berikut:

      1. Pastikan shift sudah aktif. Jika belum, aktifkan shift terlebih dahulu dengan mengikuti panduan Cara Menggunakan Fitur Shift.

      2. Buka Laporan Penjualan, lalu cari dan pilih transaksi dengan metode pembayaran multipayment yang ingin dibatalkan.

      3. Pengembalian dana ke pelanggan dilakukan secara tunai (cash), walaupun pada transaksi awal menggunakan non-tunai atau kombinasi (tunai dan non-tunai). Pastikan saldo cashdrawer mencukupi untuk pengembalian.

      4. Centang opsi “Catat di Rekap Shift” agar sistem mencatat pengembalian uang tunai yang dikeluarkan dari cashdrawer.

  • Apakah Transaksi Pisah Bayar / Multipayment bisa dihapus?
    • Ya, transaksi ini bisa dihapus melalui Laporan Penjualan. Namun, tindakan hapus transaksi tidak disarankan karena struk transaksi akan hilang permanen dan stok barang tidak otomatis dikembalikan.


  • Bagaimana cara melihat laporan transaksi Pisah Bayar / Multipayment?
    • Laporan transaksi Pisah Bayar / Multipayment dapat dilihat melalui Laporan Metode Pembayaran di aplikasi Kasir Pintar Dashboard. Untuk informasi lebih lanjut, silakan membaca artikel panduan mengenai Laporan Metode Pembayaran.

Selamat Mencoba !

Apakah artikel ini cukup membantu?

Table of Contents

Proudly powered by WordPress