How Can We Help?

Cara Set Sistem Mendapatkan Poin dari Barang

You are here:
← All Topics

Kasir Pintar menyediakan berbagai macam fitur loyalty poin yang dapat diakses oleh User Pro, diantaranya yaitu terdapat fitur Mendapatkan Poin dari Barang. Beragam jenis fitur loyalty poin ini dapat Anda gunakan untuk mempertahankan dan meningkatkan kesetiaan pelanggan yang berbelanja di toko Anda.

Pada fitur Set Sistem Mendapatkan Poin dari Barang, Anda sebagai penjual dapat memberikan poin kepada pelanggan melalui barang yang Anda jual. Nantinya, Anda dapat mengatur poin pada tiap barang yang ada di toko Anda, lalu pelanggan akan mendapatkan poin apabila ia membeli barang yang telah Anda atur tersebut.

Contoh : Shiva selaku owner Toko Makmur ingin memberikan 5 poin kepada pelanggan yang membeli barang berikut ini ‘ABC Saus Sambal Pedas / Air Mineral Club / Sabun Biore / Sabun Lux’. Oleh karena itu, Shiva akan menggunakan fitur loyalty poin (Set Sistem Mendapatkan Poin dari Barang) untuk mengatur sistem agar otomatis memberikan 5 poin kepada pelanggan yang membeli barang tersebut.

Cara Set Sistem Mendapatkan Poin dari Barang

Berikut merupakan cara set sistem mendapatkan poin dari barang:

  1. Silahkan pilih menu Manajemen pada halaman sidebar
  2. Pilih sub menu Marketing untuk menuju ke halaman Loyalty poin
  3. Selanjutnya pilih sub menu Loyalty Poin untuk mengatur sistem pada fitur poin
  4. Pada halaman loyalty poin, pilih opsi Dapatkan Poin -> Dari Barang
  5. Masukkan besar poin yang akan didapatkan pelanggan dari transaksi barang berpoin pada field berikut
  6. Terdapat 2 cara untuk mengatur poin pada barang yang Anda jual:
    1. Atur Poin per Barang
      -Opsi ini digunakan apabila Anda ingin mengatur poin pada tiap barang, maka silahkan klik tombol +Barang

      – Selanjutnya centang barang yang akan diberi poin, lalu klik tombol Lanjutkan
    2. Atur Poin per Kategori Barang
      -Opsi ini digunakan apabila Anda ingin mengatur poin berdasarkan kategori barang, maka silahkan klik tombol +Kategori

      – Selanjutnya centang kategori barang yang akan diberi poin, lalu klik tombol Lanjutkan
  7. Daftar barang dan kategori barang yang telah dipilih akan muncul di halaman berikut, setelah itu klik tombol Simpan untuk menyimpan poin pada barang tersebut
  8. Set sistem mendapatkan poin dari barang telah berhasil dilakukan.

Selanjutnya apabila pelanggan melakukan transaksi pada salah satu barang tersebut, maka pelanggan akan mendapatkan poin sesuai dengan yang telah Anda atur.

Cara Mendapatkan Poin dari Barang ketika Transaksi

Setelah berhasil melakukan pengaturan sistem seperti cara diatas, Anda dapat melakukan transaksi seperti biasa. Berikut ini merupakan contoh transaksi apabila terdapat pelanggan yang memenuhi syarat untuk mendapatkan poin:

  1. Silahkan masuk ke menu Transaksi Penjualan
  2. Pilih barang yang akan ditransaksikan, lalu klik tombol Lanjut untuk melanjutkan transaksi
  3. Klik tombol Bayar untuk menuju ke halaman pembayaran
  4. Pada halaman pembayaran, sistem otomatis menampilkan poin yang akan didapatkan pelanggan seperti berikut
  5. Selanjutnya klik opsi Pelanggan untuk memilih nama pelanggan yang melakukan transaksi
  6. Setelah itu masukkan nominal yang dibayarkan oleh pelanggan. Jika telah selesai, klik icon centang di pojok kanan atas untuk menyelesaikan transaksi
  7. Transaksi berhasil dilakukan dan terdapat informasi poin yang diperoleh pelanggan tersebut
  8. Berikut merupakan tampilan struk untuk pelanggan yang mendapatkan poin dari transaksi barang berpoin.
    (Pelanggan tersebut mendapatkan 5 poin karena ia membeli salah satu barang berpoin, yaitu Air Mineral Club)

Selamat Mencoba!

Artikel lainnya terkait fitur Loyalty Poin

Apakah artikel ini cukup membantu?

Table of Contents

Proudly powered by WordPress