How Can We Help?

Cara Retur Transaksi Penjualan (Website/Back Office)

You are here:
← All Topics

Fitur Retur Transaksi Penjualan digunakan untuk mencatat proses pengembalian barang dari pembeli.
Proses retur atau pengembalian barang ini biasanya dilakukan karena berbagai alasan, seperti barang yang diterima tidak sesuai dengan pesanan, barang sudah kedaluwarsa, atau barang mengalami kerusakan saat diterima.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mencatat retur transaksi penjualan melalui website atau back office Kasir Pintar:

  1. Pilih menu Laporan > Penjualan > Transaksi pada sidebar


  2. Cari ID Struk transaksi penjualan yang akan diretur dengan bantuan kolom pencarian


  3. Klik tombol “Klik Disini untuk Meretur Barang”


  4. Masukkan jumlah barang yang akan diretur pada field berikut


  5. Masukkan alasan melakukan proses retur


  6. Klik tombol Retur Produk untuk melanjutkan proses retur


  7. Retur barang berhasil dilakukan


  8. Klik tombol Detail untuk melihat struk transaksi yang telah diretur


  9. Berikut ini merupakan contoh struk transaksi setelah retur dilakukan.
    Anda dapat membagikan struk retur kepada pembeli dengan cara klik tombol Salin Link

Selamat Mencoba!

Catatan

  • Fitur retur transaksi penjualan dapat diakses melalui website/back office Kasir Pintar. Namun, untuk kemudahan dan efisiensi, Karis menyarankan agar proses pencatatan retur transaksi penjualan dilakukan langsung melalui aplikasi Kasir Pintar Pro atau Kasir Pintar POS.

    Pelajari selengkapnya: Cara Retur Transaksi Penjualan di Aplikasi Kasir Pintar


  • Perlu diperhatikan bahwa fitur retur transaksi pembelian (pencatatan pengembalian barang ke supplier) tidak tersedia di website/back office Kasir Pintar. Fitur tersebut hanya dapat dilakukan melalui aplikasi Kasir Pintar Pro.

Apakah artikel ini cukup membantu?

Table of Contents

Proudly powered by WordPress