How Can We Help?

Cara Mengonfirmasi Kedatangan Pesanan Olshopin

You are here:
← All Topics

Di Olshopin, konfirmasi kedatangan pesanan diperlukan untuk memastikan bahwa pesanan sudah diterima dan memperbarui stok di akun Kasir Pintar. Konfirmasi kedatangan pesanan bisa dilakukan oleh penjual atau pembeli, tergantung opsi yang dipilih.

Berikut merupakan cara mengonfirmasi kedatangan pesanan COD maupun Non-COD:

1. Pesanan COD :

Terdapat 2 opsi untuk mengonfirmasi kedatangan pesanan COD:

  1. Konfirmasi Kedatangan Pesanan Melalui Akun Olshopin:
    Pembeli dapat langsung mengonfirmasi pesanan diterima melalui akun Olshopin. Metode ini berlaku untuk pesanan COD, Takeaway, dan Non-COD.

  2. Konfirmasi Kedatangan Pesanan dengan Kode OTP:
    Konfirmasi ini hanya berlaku untuk pesanan COD dan dilakukan oleh penjual.
    Penjual meminta kode yang dikirim ke WhatsApp pembeli, lalu memasukkan kode di back office Kasir Pintar untuk menyelesaikan pesanan. Dengan metode ini, pembeli tidak perlu login ke akun Olshopin.

Berikut merupakan langkah-langkahnya :

1.1 Cara Konfirmasi Kedatangan Pesanan COD & Takeaway di Akun Olshopin

Berikut adalah cara pembeli mengonfirmasi kedatangan pesanan COD atau Takeaway di akun Olshopin:

  1. Buka link toko Olshopin yang diberikan oleh penjual, lalu login menggunakan akun yang sudah terdaftar.


  2. Setelah berhasil login, klik nama profil di pojok kanan atas, lalu pilih Riwayat Pesanan untuk melihat daftar pesanan.


  3. Pilih pesanan yang ingin dikonfirmasi kedatangannya, lalu klik Detail Pesanan untuk membuka informasi lebih lanjut mengenai pesanan tersebut.


  4. Setelah itu, klik Konfirmasi Kedatangan Barang di halaman Detail pesanan.


    Pilih opsi Kedatangan Pesanan, lalu klik tombol Simpan.


    Status pesanan akan berubah menjadi “Diterima”.


  5. [Dari Sisi Penjual]
    Setelah pembeli mengonfirmasi kedatangan pesanan, penjual perlu menandai pesanan sebagai “Selesai” di back office Kasir Pintar. Hal ini bertujuan agar pesanan otomatis diselesaikan dan stok barang di akun Kasir Pintar akan diperbarui.

    Berikut adalah cara penjual untuk menyelesaikan pesanan:
    Login ke website/back office Kasir Pintar
    – Pilih menu “E-Katalog -> Daftar Pesanan”
    – Cari pesanan yang ingin diselesaikan -> Klik Detail Pesanan -> Klik Tandai sebagai Selesai



    Kemudian, pilih opsi Pesanan Selesai, dan klik Simpan.


  6. Setelah penjual menyelesaikan pesanan, status pesanan di akun Olshopin pembeli akan berubah menjadi “Selesai”.
    Pembeli dapat memberikan rating dan ulasan dengan cara klik tombol Beri Penilaian (Opsional).

Dengan demikian, konfirmasi kedatangan pesanan COD dan Takeaway di akun Olshopin berhasil dilakukan hingga tahap pemberian rating dan ulasan, selamat mencoba!


1.2 Cara Konfirmasi Kedatangan Pesanan COD dengan Kode OTP

Konfirmasi pesanan dengan kode hanya berlaku untuk pesanan COD dan dilakukan oleh penjual.
Saat bertemu pembeli, penjual meminta kode melalui website atau back office Kasir Pintar. Kode akan dikirim ke WhatsApp pembeli, lalu pembeli menunjukkan kode tersebut kepada penjual. Penjual memasukkan kode di back office untuk menyelesaikan pesanan. Dengan cara ini, pembeli tidak perlu login ke akun Olshopin.

Berikut adalah cara konfirmasi kedatangan pesanan COD dengan kode OTP:

  1. Penjual login ke website / back office Kasir Pintar menggunakan akun yang sudah terdaftar.


  2. Pilih menu E-katalog, lalu klik Daftar Pesanan untuk melihat pesanan Olshopin yang masuk.


  3. Cari pesanan COD yang ingin dikonfirmasi, lalu klik tombol Detail di sampingnya untuk membuka rincian pesanan tersebut.


  4. Saat bertemu pembeli, buka halaman “Detail Pesanan” tersebut dan klik tombol Konfirmasi via Kode


  5. Klik tombol Kirim OTP WA untuk mengirimkan kode ke nomor WhatsApp pembeli.


    Minta pembeli menunjukkan “kode” yang diterimanya melalui WhatsApp.


  6. [Dari Sisi Pembeli]
    Setelah menerima kode melalui WhatsApp, tunjukkan kode tersebut kepada penjual untuk mengonfirmasi kedatangan pesanan.


  7. Masukkan kode yang diberikan pembeli.


    Jika penjual ingin menandai pesanan sebagai selesai, centang opsi “Jadikan Status Pesanan Selesai”. Dengan mencentang opsi ini, pesanan akan otomatis diselesaikan dan stok barang di akun Kasir Pintar akan diperbarui.


    Klik tombol Verifikasi OTP untuk menyelesaikan proses.


    Status pesanan akan berubah menjadi “Selesai”.


  8. [Dari Sisi Pembeli]
    Ketika status pesanan berubah menjadi “Selesai”, pembeli dapat memberikan rating dan ulasan dengan cara klik tombol Beri Penilaian di akun Olshopinnya (Opsional).

Dengan demikian, konfirmasi kedatangan pesanan COD dengan kode berhasil dilakukan hingga tahap pemberian rating dan ulasan, selamat mencoba!




2. Pesanan Non-COD :

Konfirmasi kedatangan pesanan Non-COD hanya bisa dilakukan dengan satu cara, yaitu langsung oleh pembeli melalui akun Olshopin. Pembeli cukup login dan mengonfirmasi setelah pesanan diterima.

2.1 Cara Konfirmasi Kedatangan Pesanan Non-COD di Akun Olshopin

Berikut adalah cara pembeli mengonfirmasi kedatangan pesanan Non-COD di akun Olshopin:

  1. Buka link toko Olshopin yang diberikan oleh penjual, lalu login menggunakan akun yang sudah terdaftar.


  2. Setelah berhasil login, klik nama profil di pojok kanan atas, lalu pilih Riwayat Pesanan untuk melihat daftar pesanan.


  3. Pilih pesanan yang ingin dikonfirmasi kedatangannya, lalu klik Detail Pesanan untuk membuka informasi lebih lanjut mengenai pesanan tersebut.



  4. Setelah itu, klik Konfirmasi Kedatangan Barang di halaman Detail pesanan.


    Pilih opsi Kedatangan Pesanan, lalu klik tombol Simpan.


    Status pesanan akan berubah menjadi “Diterima”.


  5. [Dari Sisi Penjual]
    Setelah pembeli mengonfirmasi kedatangan pesanan, penjual perlu menandai pesanan sebagai “Selesai” di back office Kasir Pintar. Hal ini bertujuan agar pesanan otomatis diselesaikan dan stok barang di akun Kasir Pintar akan diperbarui.

    Berikut adalah cara penjual untuk menyelesaikan pesanan:
    Login ke website/back office Kasir Pintar
    – Pilih menu “E-Katalog -> Daftar Pesanan”
    – Cari pesanan yang ingin diselesaikan -> Klik Detail Pesanan -> Klik Tandai sebagai Selesai



    Kemudian, pilih opsi Pesanan Selesai, dan klik Simpan.


  6. Setelah penjual menyelesaikan pesanan, status pesanan di akun Olshopin pembeli akan berubah menjadi “Selesai”.
    Pembeli dapat memberikan rating dan ulasan dengan cara klik tombol Beri Penilaian (Opsional).

Dengan demikian, konfirmasi kedatangan pesanan Non-COD di akun Olshopin berhasil dilakukan hingga tahap pemberian rating dan ulasan, selamat mencoba!

Informasi

  • Konfirmasi kedatangan pesanan melalui kode OTP hanya berlaku untuk Pesanan COD.
  • Jika terdapat kendala pada pengiriman OTP di Kasir Pintar, pembeli disarankan untuk mengonfirmasi kedatangan pesanan secara manual melalui akun Olshopin. Dengan cara ini, proses konfirmasi tetap dapat berjalan lancar meskipun OTP tidak tersedia.

Apakah artikel ini cukup membantu?

Table of Contents

Proudly powered by WordPress