Cara Mengirim Transaksi Offline yang Belum Terkirim ke Server (Kasir Pintar POS)
Saat menggunakan mode offline, transaksi penjualan yang tercatat tetap harus dikirim ke server agar data tersimpan dengan aman dan sinkron dengan sistem pusat. Panduan ini akan membantu Anda memahami cara mengirim transaksi offline tersebut ke server, terutama setelah terhubung kembali dengan koneksi internet. Proses ini penting agar tidak ada data transaksi yang hilang. Sebelum memulai proses pengiriman transaksi ke server, pastikan akun dalam kondisi berikut:
- Telah berlangganan Kasir Pintar Pro.
- Perangkat terhubung ke internet yang stabil.
- Terdapat data transaksi penjualan offline yang belum terkirim otomatis selama lebih dari satu hari.
- Token akun yang digunakan untuk login telah kedaluwarsa.
Berikut merupakan panduan Cara Mengirim Transaksi Offline yang belum terkirim ke Server melalui aplikasi Kasir Pintar POS versi iOS dan Desktop:
1. Kasir Pintar POS (iOS)
Berikut merupakan panduan Cara Mengirim Transaksi Offline yang belum terkirim ke server melalui aplikasi Kasir Pintar POS versi iOS:
- Sistem akan menampilkan halaman transaksi yang belum terkirim seperti gambar berikut. Selanjutnya, klik tombol Login untuk melanjutkan proses pengiriman data transaksi.

- Kemudian, login menggunakan akun Kasir Pintar yang telah terdaftar dengan email yang sama seperti saat login sebelumnya. Tersedia dua metode login berikut:
- Login Manual: Kolom email dan password akan terisi otomatis. Klik LOGIN untuk melanjutkan. Metode ini dapat digunakan oleh akun Owner dan Staf.

- Login dengan Google: Klik tombol Login dengan Google, lalu pilih email yang digunakan. Metode ini hanya tersedia untuk akun Owner.

- Login Manual: Kolom email dan password akan terisi otomatis. Klik LOGIN untuk melanjutkan. Metode ini dapat digunakan oleh akun Owner dan Staf.
- Setelah login berhasil, sistem otomatis mengirim semua transaksi offline ke server.

- Apabila data transaksi berhasil dikirim, sistem akan menampilkan halaman notifikasi seperti berikut.

- Silakan login kembali dengan akun yang sama seperti sebelumnya, lalu klik tombol Masuk untuk melanjutkan aktivitas transaksi penjualan seperti biasa.

Selamat Mencoba!
2. Kasir Pintar POS (Desktop)
Berikut merupakan panduan Cara Mengirim Transaksi Offline yang belum terkirim ke server melalui aplikasi Kasir Pintar POS versi Desktop:
- Sistem akan menampilkan halaman transaksi yang belum terkirim seperti gambar berikut. Selanjutnya, klik tombol Login untuk melanjutkan proses pengiriman data transaksi.

- Kemudian, login menggunakan akun Kasir Pintar yang telah terdaftar dengan email yang sama seperti saat login sebelumnya.
- Login Manual: Kolom email dan password akan terisi otomatis. Klik LOGIN untuk melanjutkan. Metode ini dapat digunakan oleh akun Owner dan Staf.

- Login dengan Google: Klik tombol Login dengan Google, lalu pilih email yang digunakan. Metode ini hanya tersedia untuk akun Owner.

- Login Manual: Kolom email dan password akan terisi otomatis. Klik LOGIN untuk melanjutkan. Metode ini dapat digunakan oleh akun Owner dan Staf.
- Setelah login berhasil, sistem otomatis mengirim semua transaksi offline ke server.

- Apabila data transaksi berhasil dikirim, sistem akan menampilkan halaman notifikasi seperti berikut.

- Silakan login kembali dengan akun yang sama seperti sebelumnya untuk melanjutkan aktivitas transaksi penjualan seperti biasa.

Pastikan semua data transaksi terkirim ke server untuk menghindari laporan penjualan yang tidak sinkron. Dengan begitu, laporan penjualan jadi lebih lengkap, rapi, dan mencerminkan kondisi sebenarnya.
Selamat Mencoba!