How Can We Help?

Bagaimana Jika Aplikasi Kasir Pintar Offline (Client) Tidak Bisa Terhubung ke Server?

You are here:
← All Topics

Halo Sobat Kasir Pintar!
Apabila aplikasi Kasir Pintar Offline (Client) yang telah Anda install tidak bisa terhubung ke aplikasi Kasir Pintar Offline (Server), maka terdapat kemungkinan bahwa aplikasi Kasir Pintar Offline (Server dan Client) yang Anda gunakan tidak terhubung dalam 1 jaringan/wifi yang sama.

Untuk memeriksa apakah aplikasi Kasir Pintar Offline (Server dan Client) yang Anda gunakan terhubung dalam 1 jaringan/wifi yang sama, maka Anda bisa melakukan Cek Ping IP Address Server pada CMD seperti cara berikut:

  1. Buka CMD (Command Prompt) pada PC/Laptop yang Anda gunakan untuk mengakses aplikasi Kasir Pintar Offline (Client), dengan cara:
    – Klik tombol Start
    – Ketik cmd pada kolom pencarian
    – Tekan Enter untuk memulai Command Prompt


  2. Masukkan perintah ping IP Address Server pada CMD PC/Laptop yang Anda gunakan untuk mengakses aplikasi Kasir Pintar Offline (Client).
    Contoh: Untuk cek IP Address 192.168.10.13 maka ketik ping 192.168.10.13 seperti contoh berikut
    (Silahkan sesuaikan dengan alamat IP Address Server Anda)

    Apabila Anda menggunakan aplikasi Kasir Pintar Offline (Client) melalui mobile/handphone, maka Anda dapat Cek Ping IP Address Server melalui aplikasi PingTools Network Utilities.

  3. Terdapat dua kemungkinan dari hasil Cek Ping CMD yang telah Anda lakukan:
    1. Request timed out
      • Jika keluar hasil “Request timed out” pada hasil cek ping IP Address Server, maka aplikasi Kasir Pintar Offline (Server dan Client) yang Anda gunakan tidak terhubung dalam 1 jaringan/wifi yang sama


      • Langkah selanjutnya yaitu pastikan setting IP Address sama seperti IP Address Server. Anda dapat melihatnya pada artikel berikut Cara Cek IP Address di Aplikasi Kasir Pintar Offline (Server)

    2. Reply IP Address Server
      • Jika keluar hasil “Reply IP Address Server” pada hasil cek ping IP Address Server, maka aplikasi Kasir Pintar Offline (Server dan Client) yang Anda gunakan terhubung dalam 1 jaringan/wifi yang sama


      • Namun, jika aplikasi Kasir Pintar Offline (Client) tetap tidak bisa terhubung ke Kasir Pintar Offline (Server), maka Anda dapat menonaktifkan firewall pada Laptop/PC yang Anda gunakan dengan cara berikut:
        1. Buka control panel pada device yang Anda gunakan untuk mengakses aplikasi “Kasir Pintar Offline (Server)”


        2. Pilih opsi System and Security > Windows Defender Firewall > Turn Windows Defender Firewall On or Off


        3. Selanjutnya pilih opsi Turn Off Windows Defender Firewall untuk menonaktifkan Windows Defender Firewall pada PC/Laptop Anda, lalu klik tombol OK untuk mengonfirmasi pilihan Anda


        4. Windows Defender Firewall pada PC/Laptop Anda telah berhasil dinonaktifkan.

Selamat Mencoba!



Artikel Terkait

Apakah artikel ini cukup membantu?

Table of Contents

Proudly powered by WordPress