How Can We Help?

Pengaturan Printer dan Struk

You are here:
← All Topics

Struk merupakan sebuah catatan transaksi tertentu yang dapat di jadikan sebagai bukti sah atas pembelian suatu barang atau jasa yang di berikan kepada pembeli. Untuk memenuhi kebutuhan usaha Anda, kami memberikan opsi untuk dapat melakukan customisasi tampilan struk beserta printer pada semua platform Kasir Pintar.

Pengaturan Printer dan Struk di Aplikasi Android

Berikut merupakan tampilan keseluruhan dari pengaturan struk dan printer pada aplikasi Android Kasir Pintar.

  1. Download dari Cloud

    Opsi ini digunakan untuk menyamakan pengaturan yang dilakukan oleh akun Owner. Apabila akun Owner menyimpan customisasi pengaturan printer dan struk, maka pengaturan tersebut akan tersimpan dalam Cloud. Sehingga akun Staff dapat menyamakan pengaturan printer dan struk sesuai pengaturan akun Owner dengan cara klik Download dari Cloud.
  2. Logo
    Pada bagian Logo terdiri dari beberapa pengaturan terkait logo yang akan dimunculkan pada struk, antara lain :
    1. Edit Logo

      Opsi pengaturan ini digunakan untuk memilih gambar yang akan digunakan menjadi logo struk. Untuk hasil cetak logo pada struk yang lebih optimal, kami menyarankan Anda untuk menggunakan logo hitam putih dengan format file PNG.
    2. Tampilkan Logo

      Opsi pengaturan ini digunakan untuk mengatur keberadaan logo pada struk. Jika diaktifkan dengan tanda hijau pada tombol, maka logo akan ditampilkan pada bagian atas struk.
    3. Mode Cetak Gambar

      Opsi pengaturan ini berkaitan dengan hasil cetak logo pada struk. Anda dapat memilih salah satu opsi yang tersedia untuk menyesuaikan dengan hasil cetak yang paling optimal saaat Anda gunakan.
    4. Panjang Logo

      Opsi pengaturan ini digunakan untuk mengatur panjang logo dalam struk dengan satuan karakter. Default ukuran panjang logo sebesar 12 karakter.
    5. Panjang Canvas Logo

      Opsi pengaturan ini digunakan untuk mengatur panjang canvas logo setara dengan berapa panjang karakter dalam satu baris struk.
  3. Struk
    Pada bagian ini terdiri dari beberapa pengaturan terkait isi dari struk, antara lain :
    1. Cetak struk otomatis

      Opsi pengaturan ini digunakan untuk mengatur struk dapat dicetak secara otomatis atau tidak. Jika diaktifkan dengan tanda hijau pada tombol, maka secara otomatis melakukan pencetakan struk setelah selesai melakukan proses transaksi.
    2. Tampilkan kode struk

      Opsi pengaturan ini digunakan untuk menampilkan kode struk dibawah alamat toko Anda. Kode struk didapatkan secara acak sebanyak 18 digit angka yang nantinya dapat digunakan untuk meretur barang melalui Website.
    3. Tampilkan no. urut

      Opsi pengaturan ini digunakan untuk menampilkan nomor urut pada barang-barang yang muncul pada struk. Nomor urut tersebut secara otomatis muncul apabila Anda mengaktifkan tanda hijau pada tombol.
    4. Tampilkan satuan sebelah qty

      Opsi pengaturan ini digunakan untuk menampilkan satuan disebelah kuatitas barang yang dibeli pada struk. Satuan yang akan ditampilkan ialah satuan yang sudah disetting pada bagian manajemen barang / jasa.
    5. Tampilkan alamat pelanggan

      Opsi pengaturan ini digunakan untuk menampilkan alamat pelanggan pada struk. Alamat pelanggan yang akan ditampilkan ialah alamat yang sudah disetting pada bagian manajemen pelanggan.
    6. Tampilkan link kritik dan saran

      Opsi pengaturan ini digunakan untuk mengatur keberadaan link kritik dan saran pada struk. Link kritik dan saran ini digunakan untuk menerima masukan dari customer terkait pelayanan dan produk Anda.
    7. Tampilkan nomor struk

      Opsi pengaturan ini digunakan untuk mengetahui jumlah struk yang dibuat selama transaksi. Rincian dari nomor struk tersebut ialah sebagai berikut :
      Contoh nomor struk “12-2133”
      – 12 merupakan ID Karyawan
      – 2133 merupakan transaksi ke-2133
    8. Tampilkan total kuantitas

      Opsi pengaturan ini digunakan untuk menampilkan total kuantitas barang yang dibeli saat transaksi tersebut pada struk.
    9. Tampilkan kolom tanda tangan hutang / piutang

      Opsi pengaturan ini digunakan untuk menampilkan bagian kosong yang nantinya akan digunakan untuk membubuhkan tanda tangan secara manual terkait transaksi hutang / piutang.
    10. Pisah biaya admin toko

      Opsi pengaturan ini digunakan untuk memisahkan biaya admin dengan biaya admin toko khusus untuk transaksi PPOB Pascabayar.
    11. Panjang Karakter Struk

      Opsi pengaturan ini digunakan untuk mengatur panjang karakter dalam satu baris struk Anda.
    12. Keterangan header

      Opsi pengaturan ini digunakan untuk menampilkan keterangan tambahan pada struk yang akan ditampilkan pada header atau bagian atas struk. Keterangan header ini biasanya berisi mengenai identitas toko.
    13. Keterangan footer

      Opsi pengaturan ini digunakan untuk menampilkan keterangan tambahan pada struk yang akan ditampilkan pada footer atau bagian bawah struk. Keterangan footer ini biasanya berisi mengenai apresiasi Anda terhadap pelanggan yang sudah melakukan transaksi pada toko Anda atau keterangan persuasif lainnya.
    14. Jumlah baris margin bawah struk

      Opsi pengaturan ini digunakan untuk mengatur jumlah baris yang menjadi batas antara struk transaksi dengan keterangan footer.
    15. Reset Nomor Struk

      Opsi pengaturan ini digunakan untuk mengatur interval waktu yang digunakan untuk mengembalikan nomor struk menjadi 0 kembali.
  4. Printer
    Opsi ini digunakan untuk melakukan pengaturan terhadap printer yang akan digunakan untuk mencetak struk.

    Pada bagian ini Anda dapat memilih jenis printer apa yang akan digunakan untuk mencetak struk.

    Sementara pada bagian ini Anda dapat memilih tipe printer sesuai dengan jenis printer yang sudah Anda pilih sebelumnya.

Lalu untuk menghubungkan printer dengan device, Anda dapat melihat video tutorial dibawah ini.

Apakah artikel ini cukup membantu?

Previous Manajemen Poin Secara Otomatis Menggunakan Fitur Loyalty Poin
Next Stok Opname via Android
Table of Contents