Sinkronisasi di Menu Pengaturan digunakan untuk memperbarui atau mengunduh ulang data yang tersedia di menu sinkronisasi. Fitur ini juga berguna jika Anda mengalami kendala berikut:
- Laporan penjualan tidak sinkron atau tidak sesuai.
- Gambar produk tidak muncul.
- Data di aplikasi dan website/back office tidak sesuai.
- Data antara akun owner dan akun staf tidak sesuai.
Untuk melakukan sinkronisasi data di aplikasi Kasir Pintar, ikuti langkah-langkah berikut:
- Buka aplikasi Kasir Pintar lalu klik ikon garis tiga di pojok kiri atas untuk membuka menu sidebar.
- Pilih menu Pengaturan di sidebar aplikasi.
- Pilih opsi Sinkronisasi untuk menyesuaikan data di aplikasi dengan data di server Kasir Pintar.
- Tentukan jenis sinkronisasi yang Anda butuhkan:
- Upload Data: Menyinkronkan data barang dan laporan dari perangkat (smartphone/tablet/laptop) ke server Kasir Pintar.
- Pilih data yang ingin disinkronkan. Data yang belum tersinkron ditandai dengan ikon sync ⟳.
- Setelah berhasil disinkronkan, data akan ditandai dengan ikon centang ✔.
- Pilih data yang ingin disinkronkan. Data yang belum tersinkron ditandai dengan ikon sync ⟳.
- Download Data: Menyinkronkan data barang dan laporan dari server Kasir Pintar ke perangkat (smartphone/tablet/laptop) Anda.
- Pilih data yang ingin disinkronkan. Data yang belum tersinkron ditandai dengan ikon sync ⟳.
- Setelah berhasil disinkronkan, data akan ditandai dengan ikon centang ✔.
- Untuk menyinkronkan laporan penjualan dan pemasukan, pilih periode sinkronisasi: Per Bulan, 3 Bulan Terakhir, Tahun ini, atau Tahun lalu sampai sekarang.
Berikut adalah contoh sinkronisasi laporan penjualan dan pemasukan pada periode Tahun ini
- Pilih data yang ingin disinkronkan. Data yang belum tersinkron ditandai dengan ikon sync ⟳.
- Upload Data: Menyinkronkan data barang dan laporan dari perangkat (smartphone/tablet/laptop) ke server Kasir Pintar.
Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, data akan tersinkronisasi dan terupdate, sehingga informasi yang ditampilkan sesuai kondisi terkini.
Selamat Mencoba!
FAQs #
- Apa Perbedaan Sinkronisasi di Menu Pengaturan dan di Sidebar?
- Sinkronisasi di Menu Pengaturan: Memperbarui seluruh data.
Contoh: Jika Anda memiliki 100 barang dan memperbarui 5 barang, sistem akan memperbarui seluruh data dengan mengunduh ulang semua barang, sehingga total data yang diunduh ulang adalah 105 barang. - Sinkronisasi di Sidebar: Hanya memperbarui data yang mengalami perubahan.
Contoh: Jika Anda memiliki 100 barang dan memperbarui 5 barang, sistem hanya akan memperbarui 5 barang tersebut tanpa mengunduh ulang data lainnya.
- Sinkronisasi di Menu Pengaturan: Memperbarui seluruh data.