Apa Perbedaan Role Owner, Administrator, Manajer, dan Kasir?

Dalam sebuah bisnis, setiap staf biasanya memiliki tugas dan wewenang yang berbeda, termasuk dalam hal akses ke fitur dan menu di aplikasi Kasir Pintar. Untuk mendukung pengelolaan yang terstruktur, Kasir Pintar menyediakan 4 peran (role), yaitu:

  • Owner
  • Administrator
  • Manajer
  • Kasir

Setiap role staf memiliki hak akses bawaan (default) yang sudah disesuaikan dengan tugas dan tanggung jawabnya dalam operasional bisnis. Namun, Anda tetap bisa menyesuaikan hak akses setiap role staf sesuai kebutuhan. Misalnya, membatasi akses staf kasir hanya untuk transaksi penjualan, atau memberi staf manajer akses ke laporan transaksi penjualan tanpa bisa mengubah data produk.
👉 Pelajari lebih lanjut : Cara Mengatur Hak Akses Staf.

Berikut adalah penjelasan umum mengenai hak akses bawaan (default) setiap role di Kasir Pintar :

  • Owner (Pemilik) : Bisa mengakses Menu Transaksi, Manajemen/Database, dan Laporan.
  • Administrator (Staf) : Bisa mengakses Menu Transaksi, Menu Manajemen/Database, dan Laporan.
  • Manajer (Staf) : Hanya bisa mengakses Menu Manajemen/Database & Laporan.
  • Kasir (Staf) : Hanya bisa mengakses Menu Manajemen/Database & Transaksi.


Setiap role memiliki tingkat akses yang berbeda, sesuai dengan tanggung jawab dan peran masing-masing dalam operasional bisnis :

1. Owner (Pemilik) #

  • Owner memiliki akses penuh ke seluruh fitur di Kasir Pintar karena tidak dibatasi oleh pengaturan hak akses.
  • Dapat melakukan transaksi, mengelola database, dan melihat laporan.
  • Owner juga dapat melihat laporan transaksi dari semua role, termasuk miliknya sendiri, Kasir, Manajer, dan Administrator.


2. Administrator (Staf) #

  • Hak akses Administrator cukup luas, namun masih berada di bawah Owner.
  • Secara default, Administrator dapat melakukan transaksi, mengelola database, dan melihat laporan.
  • Administrator juga dapat melihat laporan transaksi dari semua role, termasuk miliknya sendiri, Kasir, Manajer, dan Owner.


3. Manajer (Staf) #

  • Secara default, Manajer dapat mengelola database dan melihat laporan.
  • Secara default, Manajer tidak memiliki akses untuk melakukan transaksi, kecuali diaktifkan secara manual oleh Owner melalui pengaturan hak akses di aplikasi/back office Kasir Pintar.
    👉 Pelajari selengkapnya: Cara Mengatur Hak Akses Staf.
  • Manajer juga dapat melihat laporan transaksi dari semua role, termasuk miliknya sendiri, Kasir, Administrator, dan Owner.


4. Kasir (Staf) #

  • Secara default, Kasir dapat melakukan transaksi dan mengelola database.
  • Secara default, Kasir tidak memiliki akses untuk melihat laporan, kecuali diaktifkan secara manual oleh Owner melalui pengaturan hak akses di aplikasi/back office Kasir Pintar.
    👉 Pelajari selengkapnya: Cara Mengatur Hak Akses Staf.
  • Jika diberikan akses laporan transaksi, Kasir hanya dapat melihat laporan transaksi miliknya sendiri. Kasir tidak bisa melihat laporan transaksi dari role lain.


Informasi #

  • Apakah ada ketentuan untuk menggunakan fitur role staf?
    Ya. Fitur tambah staf sesuai role (Administrator, Manajer, dan Kasir) tersedia untuk User Pro.
    Pastikan Anda sudah berlangganan Kasir Pintar Pro untuk dapat menggunakan fitur ini.


  • Apa Perbedaan antara Owner dan Administrator?
    Owner memiliki akses untuk mengatur manajemen staf dan melakukan top up pembayaran langganan. Sedangkan Administrator tidak memiliki akses untuk mengatur manajemen staf dan melakukan top up pembayaran langganan.


What are your feelings
Updated on January 17, 2020