STOK OPNAME adalah perhitungan fisik ketersediaan barang yang ada pada gudang atau etalase untuk mengetahui keakuratan catatan dalam pembukuan. Stok opname sangat penting dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya perbedaan stok antara pembukuan dengan yang sebenarnya. Jika terjadi selisih antara stock opname dengan catatan pembukuan, maka kemungkinan ada transaksi yang belum dicatat atau terjadi kecurangan dalam persediaan.

Kini, Kasir pintar menyediakan fitur stok opname untuk memudahkan para pengusaha khususnya retail dalam melakukan pengecekan persediaan. Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Log in akun Anda pada website kasirpintar.co.id Note : Secara default, Fitur stok opname hanya bisa di akses oleh admin dan owner.
  2. Klik Laporan >> stok opname, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

Screen Shot 2018-08-23 at 15.49.07.png

  1. Jika Anda ingin melakukan stok upname klik tombol (+) . Setelah itu maka Anda akan melihat tampilan sebagai berikut ini.

Screen Shot 2018-08-23 at 15.49.35.png

  1. Klik lah “format stok opname” maka Anda akan otomatis mengunduh format file stok opname. Tampilan stok opname adalah sebagai berikut.

Screen Shot 2018-08-23 at 15.50.14.png

Note : setelah format ini di download dan dicetak, maka format ini dapat diberikan kepada petugas pengecekan persediaan barang. Pada format tersebut tidak disediakan nama petugas sehingga Anda perlu mencatatnya sendiri. Untuk barang-barang titipan selain barang inti yang tersedia di gudang untuk dijual tidak termasuk dalam persediaan real yang tercatat.

  1. Setelah seluruh data terekap secara manual, maka admin atau owner dapat memasukkannya ke dalam sistem Kasir Pintar melalui website kasir pintar yang sudah di sediakan oleh sistem kami

Screen Shot 2018-08-23 at 15.50.41.png

  1. Upload file yang sudah diisikan oleh petugas di sitem Kasir Pintar. Tulislah nama petugas yang menginputkan data stok opname, dan bila ada keterangan tambahan tulislah pada kolom tersebut. Lalu jangan lupa untuk mengupload file tersebut di kolom yang tersediakan. (lihat nomor 3) . klik Submit.
  2. Jika Anda ingin melihat selisih antara data pada sistem dengan data aktual maka Anda dapat melihtnya di detail (lihat nomor 1) dan jika Anda ingin mendownload data tersebut maka kliklah download.

Screen Shot 2018-08-23 at 15.51.37.png

Tampilan pada detail stok opname disajikan seperti gambar dibawah ini. Pada data tersebut akan ditampilkan selisih antara data di pembukuan dengan data yang ada pada gudang. Jika terjadi selisih antara stock opname dengan catatan pembukuan, maka kemungkinan ada transaksi yang belum dicatat atau terjadi kecurangan dalam persediaan.

Screen Shot 2018-08-23 at 15.52.10.png

Views: 442